Pertanyaan yang sering ditanyakan

1. Apa itu pembiayaan tagihan atau invoice financing syariah?

Pembiayaan tagihan atau invoice financing syariah adalah produk mendanai yang dijamin oleh tagihan atau invoice, dirancang dengan menggunakan skema syariah melalui Akad Al Qardh untuk pemberian dana talangan dan Akad Wakalah Bil Ujrah untuk mendapatkan keuntungan atau ujrah.

Invoice financing bekerja dengan cara menjaminkan invoice: sebuah tagihan atas barang atau jasa yang telah diberikan oleh Payor untuk memperoleh pembiayaan dari Lender. Pada akhir periode pembiayaan, Payor akan membayar invoice tersebut dan Lender pun memperoleh pengembalian berupa pokok pendanaan (prinsipal) serta pendapatan wakalah atas jasa pengurusan dokumen penagihan.

2. Adakah rujukan fatwa untuk invoice financing syariah?

Ada, yaitu Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI Nomor 67/DSN-MUI/III/2008 tentang “Anjak Piutang Syariah” tanggal 6 Maret 2008.

3. Apa itu Akad Al Qardh?

Akad Al Qardh adalah akad pinjaman atau penyaluran dana kepada Penerima Pinjaman dengan ketentuan sebagai berikut: Penerima Pinjaman wajib mengembalikan dana yang diterimanya kepada Lembaga Keuangan Syariah (LKS) atau kepada Pemberi Pinjaman lainnya pada waktu yang telah disepakati oleh Penerima Pinjaman dengan LKS atau Pemberi Pinjaman.

4. Apa itu Akad Wakalah Bil Ujrah?

Wakalah Bil Ujrah adalah jenis akad di mana salah satu pihak memberikan kuasa kepada pihak lain untuk melakukan tindakan yang diperlukan atas nama pemberi wakalah atau kuasa. Dan atas wakalah tersebut, penerima kuasa akan menerima ujrah atau upah.

5. Apakah seluruh jenis bisnis dapat mengajukan pembiayaan di Investree Syariah?

Untuk menjaga prinsip Pembiayaan Syariah agar tetap pada koridornya, maka tidak semua invoice dapat diterima di Investree Syariah. Invoice yang berasal dari industri rokok, minuman keras, obat terlarang, babi, perjudian, prostitusi, hotel yang belum syariah, dan kegiatan yang mengandung spekulasi bukan merupakan pasar sasaran dari Investree Syariah.
Jenis invoice yang menjadi prioritas kami adalah yang ditujukan kepada Payor berupa perusahaan besar, contohnya perusahaan multinasional, institusi yang terdaftar di bursa saham, atau instansi pemerintahan. Nantinya, setiap invoice yang diajukan akan dianalisis, diseleksi, dan disetujui berdasarkan sistem credit-scoring modern.

6. Apakah nonmuslim dapat menjadi Borrower dan Lender di layanan Invesree Syariah?

Layanan Investree Syariah dapat dimanfaatkan oleh siapa saja yang telah memenuhi syarat dan ketentuan sebagai Borrower dan Lender Investree, baik muslim maupun nonmuslim.

7. Apakah ada denda jika terjadi keterlambatan pembayaran?

Setiap keterlambatan pembayaran pasti akan dikenakan denda. Ketentuan denda mengacu pada Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI Nomor 17/DSN-MUI/IX/2000 tentang “Sanksi Atas Nasabah Mampu yang Menunda-nunda Pembayaran” tanggal 16 September 2000.

8. Bagaimana pengelolaan keuangan (cash management) untuk Pembiayaan Syariah di Investree?

Seluruh transaksi keuangan dilakukan melalui mekanisme perbankan. Demi menjunjung prinsip Keuangan dan Pembiayaan Syariah, kami telah bekerjasama dengan CIMB Niaga Syariah dalam hal penggunaan produk cash management dan fasilitas virtual account (VA) yang akan memudahkan proses transaksi, rekonsiliasi, dan pelaporan keuangan.

9. Apakah Investree merupakan bank atau perusahaan finansial lainnya?

Bukan, Investree bukanlah bank atau perusahaan finansial lainnya. Kami berbeda dalam beberapa hal. Investree adalah sebuah marketplace finansial, menyediakan layanan perantara untuk proses peer-to-peer lending. Tidak seperti layanan perantara konvensional, Investree tidak berpartisipasi dalam aktivitas pinjam meminjam. Kami hanya menyediakan platform untuk memfasilitasi prosesnya, mengadministrasi akun Borrower dan Lender.

Selain itu, sejak tanggal 31 Mei 2017 lalu, Investree telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa keuangan (OJK) dan khusus untuk layanan Investree Syariah, sejak tanggal 23 Agustus 2017, Investree telah memperoleh surat rekomendasi penunjukan Tim Ahli Syariah dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) melalui Surat Nomor U-492/DSN-MUI/VIII/2017.

10. Bagaimana cara untuk mengetahui bahwa informasi pribadi saya aman dengan Investree?

Informasi pribadi Anda akan kami simpan secara aman, dilindungi oleh fitur keamanan online terbaik sesuai dengan yang ada di Privacy Policy (hyperlink ke laman Privacy Policy Investree) kami. Investree memiliki sistem proteksi fisik, elektronik, dan manajerial yang baik untuk menghindari akses yang tidak sah atau penggunaan yang tidak sesuai terhadap informasi pelanggan. Investree tidak akan memberikan informasi pelanggan kepada pihak ketiga tanpa izin, dan tidak akan menghubungi Anda untuk menanyakan data pribadi selain untuk kelengkapan verifikasi.

11. Bagaimana cara untuk memverifikasi alamat e-mail saya?

Anda akan menerima e-mail dari kami berisi sebuah link untuk memverifikasi alamat e-mail Anda. Jika Anda tidak menerima e-mail tersebut, silakan mengecek laman Spam. Anda dapat meminta agar e-mail verifikasi dikirimkan kembali melalui pengaturan akun Anda.

12. Bagaimana cara untuk mengganti password saya?

Anda dapat mengganti kata sandi dengan masuk ke dalam akun Investree dan laman Dashboard, klik Edit Profile. Akses bagian User Account, ubah kata sandi sesuai yang Anda inginkan.

13. Bagaimana cara untuk mengganti rincian kontak saya?

Anda dapat mengganti kata sandi dengan masuk ke dalam akun Investree dan laman Dashboard, klik Edit Profile. Akses bagian Contact Details, ubah sesuai yang Anda inginkan.

 

Pendaftaran Pendana




Sudah punya akun? Login

Pendaftaran Pendanaan Pembiayaan Syariah




Sudah punya akun? Login

Pendaftaran Pinjaman Personal




Sudah punya akun? Login

Pendaftaran Pinjaman Bisnis




Sudah punya akun? Login

Pendaftaran Pembiayaan Usaha Syariah



Sudah punya akun? Login

Pendaftaran Referrer




Sudah punya akun? Login

Lupa Kata Sandi

Solusi Pinjaman

Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda


Pinjaman personal untuk kebutuhan harian

Pinjam Sampai dengan:
Rp 50.000.000
  • House improvement
  • Education loans
  • Holiday loans
  • Wedding Loans
  • Medical Expenses
  • Perjalanan Umroh
Wujudkan Impianmu

Pinjaman Bisnis sebagai solusi Invoice Financing

Pinjam Sampai dengan:
Rp 2.000.000.000
  • Bunga mulai dari 14%
  • Pendanaan penuh dalam waktu 72 jam
  • Transparan
Wujudkan Impianmu