Perencanaan-finansial

Strategi Sukses Finansial di Tahun Baru

visibility 3080

Apakah tahun 2015 Anda terhitung sukses secara finansial? Apakah Anda sudah berhasil menyisihkan uang untuk liburan yang Anda impikan? Atau masihkan di akhir tahun Anda menggeram kesal pada tagihan utang yang belum terselesaikan? Agar 2016 menjadi tahun kemenangan Anda melawan semua ‘jebakan’ uang, Investree berbagi langkah-langkah untuk memperbaiki keuangan pribadi Anda. Yuk, ikuti langkah-langkah berikut!

Pelajari riwayat keuangan tahun lalu
Sudahkah pemasukan Anda lebih besar dari pengeluaran? Jika belum, maka pada 2016, fokuskan upaya Anda untuk membentuk perilaku hemat. “Akhir tahun ini tidak boleh ada lagi defisit”—defisit berarti Anda harus berutang untuk menutup kekurangan, juga berarti bahwa Anda tidak bisa melakukan hal yang lebih produktif dengan uang Anda. Jika sudah, selamat! Ruang gerak finansial Anda lebih leluasa. Saran kami, fokuskan tahun 2016 untuk menumbuhkan aset, terutama melalui investasi. Dengan begitu, uang yang sudah terkumpul bisa dipekerjakan untuk menghasilkan lebih banyak uang.

Buat tujuan yang spesifik
Keberhasilan berawal dari tujuan. Buat tujuan yang spesifik. Tidak perlu banyak-banyak, maksimal 3 saja. Tujuan Anda harus sesuai dengan riwayat keuangan yang telah dibahas di poin 1. Jika fokus Anda membentuk perilaku hemat, buat “memiliki dana cadangan di akhir tahun 2016” sebagai salah satu tujuan. Jumlahnya sesuaikan dengan kemampuan Anda, namun harus disebutkan dengan detil. Jika fokus Anda adalah menumbuhkan aset, buat “aset tumbuh secara pasif sebesar sekian persen” sebagai salah satu tujuan. Tentunya dengan besaran persentasenya yang disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Buat budget sederhana
Budget paling sederhana terdiri dari rencana pemasukan dan pengeluaran Anda selama setahun ke depan. Belum pernah membuatnya sama sekali? Jangan khawatir, di internet ada ratusan tutorial pembuatan budget. Bahkan tersedia juga spreadsheet Excel serta beragam tools untuk membantu perhitungan. Semuanya siap diunduh dan digunakan secara gratis (baca juga Cara Modern Mengatur Keuangan Pribadi). Untuk yang bertujuan hidup hemat, maka budget ini harus dibuat ketat di bagian pengeluaran. Untuk yang bertujuan menumbuhkan aset, tulis juga berapa target pertumbuhannya dan cari informasi produk investasi yang paling pas untuk Anda.

Tunjuk komite disiplin pribadi
Semua rencana tak akan terlaksana tanpa kedisiplinan. Bagi banyak orang, justru ini bagian tersulit. Untuk mengatasinya, manfaatkan fasilitas otomatis seperti autodebet untuk menyisihkan pendapatan, dan tabungan khusus untuk dana cadangan atau akun investasi Anda. Cara ini cenderung efektif karena Anda tidak bisa bernegosiasi dengan mesin. Hubungi orang yang paling Anda percaya, bisa orang tua, saudara kandung, sahabat dekat, atau yang lainnya. Ceritakan tentang tujuan dan budget yang harus Anda patuhi. Minta mereka untuk mengingatkan Anda saat melakukan pelanggaran. Beri insentif, misalnya untuk satu peringatan yang mereka beri, Anda akan mentraktir makan.

Dengan cara-cara di atas, dana cadangan Anda akan terbentuk dan Anda pun berkesempatan maju satu langkah untuk memikirkan bagaimana dana yang tersisa dapat diperbanyak lagi. Dari situ, Anda bisa mulai berinvestasi. Pilih produk yang dapat dibeli dengan nominal yang rendah, biaya yang murah, dan proses yang fleksibel.

Aset Anda bisa mengalami pertumbuhan dan Anda dapat memikirkan apakah laju pertumbuhannya sudah sesuai dengan keinginan. Mungkin, kini Anda ingin pertumbuhannya lebih tinggi? Pertimbangkan lagi produk investasi yang Anda pakai. Pelajari alternatif-alternatif produk investasi lain yang memberikan return lebih tinggi dengan pertumbuhan yang bagus.

Apapun tujuan Anda, Investree dapat menjadi produk investasi yang tepat. Dengan mekanisme inovatif peer-to-peer lending atau P2P lending, Investree menawarkan return yang tinggi dan tidak membebankan biaya apa pun kepada investor. Sebagai online platform untuk P2P lending, Investree memberikan proses yang cepat dan syarat yang mudah. Investor bahkan dapat memulai investasi dengan nominal yang rendah yaitu Rp 5.000.000.

Siapkah Anda untuk menjalankan strategi ini? Sampai jumpa di akhir tahun 2016 yang penuh dengan kesuksesan!

Share this Post