Perencanaan-finansial

Perencanaan Keuangan untuk Semua

visibility 3379

Apakah setiap dari Anda membutuhkan perencanaan keuangan atau financial plan? Kalau menurut Jeanette Brox, CFP, Konsultan Finansial Senior untuk Investors Group di Toronto, sih, wajib. Jeanette bilang, perencanaan keuangan memberikan semacam peta jalan atau road map yang vital bagi masa depan finansial seseorang, tak peduli berapa pun umur atau jumlah kekayaannya.

Peta jalan untuk masa depan finansial Anda
Financial plan itu seperti peta jalan yang dapat membantu Anda mencapai tujuan dan cita-cita finansial Anda,” ujar Jeanette. “Dengan membuat perencanaan keuangan yang matang, Anda akan memperoleh kejelasan dan kepastian tentang penyesuaian yang mungkin perlu Anda buat, terutama yang berhubungan dengan keuangan.”

Namun, jika rencana sudah dibuat, tak berarti urusan Anda telah selesai. Sebuah perencanaan keuangan perlu ditinjau secara berkala dan diatur sesuai kebutuhan. Jaga rencana Anda agar tetap up-to-date dengan mengunjungi konsultan keuangan paling tidak setahun sekali. “Sebuah perencanaan keuangan yang selalu ditinjau secara berkala itu layaknya peta jalan dengan built-in GPS. Jika Anda berbelok, tentu sistemnya akan berrekalkulasi untuk membantu Anda mencapai tempat tujuan,” tegas Jeanette.

The power of setting goals
Merinci apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai goals lewat perencanaan finansial sifatnya harus, lho. “Goals hanyalah impian dan angan-angan jika tidak ditulis dan dijadikan prioritas untuk membantu Anda mencapainya,” kata Jeanette. “Jika tujuan Anda berhubungan dengan time-bound, misalkan ingin menabung Rp 100.000.000 untuk membeli rumah dalam waktu dua tahun, perencanaan keuangan bisa memberikan kesadaran bagi Anda untuk memikirkan ulang soal pengeluaran sehari-hari dan mengambil keputusan yang lebih baik supaya impian tersebut bisa terwujud.”

Di saat Anda—dan kita semua—mempunyai kebutuhan dan keinginan yang beragam, seorang perencana keuangan yang qualified dapat membantu memberikan kejelasan dan pengarahan dalam menentukan prioritas jangka pendek dan panjang, serta menyediakan reality check tentang apa yang mungkin dilakukan dengan situasi finansial Anda saat ini. “Bila Anda menentukan tujuan dengan bantuan perencana keuangan profesional dan memantaunya secara reguler, seluruh goal Anda akan mampu dicapai dengan lebih mudah.”

Mulai sekarang untuk hasil yang terbaik
Kapan memulai? Lebih cepat lebih baik. Menurut Jeanette, terdapat perbedaan opportunity cost saat Anda menunda untuk menabung, berinvestasi, dan melaksanakan keputusan keuangan penting lainnya. Seorang perencana keuangan profesional akan melihat keseluruhan area dalam hidup Anda, termasuk manajemen finansial, manajemen aset, manajemen risiko, pengaturan pajak, hingga rencana pensiun untuk menentukan langkah terbaik yang dapat Anda tempuh. Sst… Pertimbangan yang mencakup seluruh area kehidupan finansial Anda merupakan salah satu manfaat menggunakan jasa perencana keuangan profesional, lho. Jadi jangan ragu untuk memaksimalkannya.

Mengapa perencanaan keuangan penting untuk Anda
“Semua orang harus tahu bahwa tak peduli berapa pun aset atau jumlah kekayaan yang dimiliki, perencanaan keuangan sangatlah bermanfaat bagi siapa saja,” ujar Jeanette. “Banyak dari klien saya yang datang dan mulai sejak masih ‘kecil’ (re: belum memiliki banyak aset dan masih dalam tahap mengumpulkan kekayaan). Setelah berhasil mengklarifikasi tujuan jangka pendek dan panjang, mereka kini telah melaju dengan mantap untuk mewujudkan cita-cita finansialnya.”

Share this Post