Keluarga

Libur Telah Tiba! Berikut Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga

visibility 1424

Perayaan Hari Raya Idul Fitri tidak lengkap rasanya tanpa tradisi mudik. Sekalian berlibur, mudik dijadikan sebagai ajang bertemu anggota keluarga besar. Apalagi perayaan Lebaran tahun ini bertepatan dengan musim liburan sekolah. Pasti senang rasanya bisa berlibur dengan formasi lengkap. Ditambah, cuti bersama Lebaran 2019 total ada 11 hari yang terhitung sejak tanggal 30 Mei sampai dengan 9 Juni. Waktu libur yang panjang menjadi kesempatan untuk memiliki quality time bersama keluarga. Agar lebih seru, Anda bisa menghabiskannya sekalian liburan ke luar kota.

Liburan keluarga tidak harus mahal, kok. Yang penting seluruh anggota keluarga bisa senang. Berikut tips liburan hemat bersama keluarga ala Investree. Jadi, Anda masih punya uang sisa untuk ditabung atau diinvestasikan. Apa saja tipsnya? Simak ulasan berikut ini!

Buat rencana perjalanan liburan

Langkah bijak untuk membuat liburan Anda dan keluarga bisa sesuai dengan bujet adalah dengan merencanakannya. Buat rencana ke mana saja Anda akan pergi selama liburan dan tetapkan anggaran dari setiap tujuan Anda. Lakukan riset saat membuat rencana perjalanan. Misalkan, Anda dan keluarga ingin ke sebuah wahana permainan keluarga, cari tahu harga tiket masuknya, usahakan untuk memesan secara online, dan bagaimana Anda menuju ke tempat tersebut, berapa biaya yang dibutuhkan untuk transportasi dan satu kali makan. Karena bila Anda membawa beserta anak-anak Anda, mereka tidak mungkin menahan lapar, sehingga mau tidak mau harus membeli makan di tempat tersebut. Begitu seterusnya, Anda harus membuat perencanaan yang rinci dan usahakan untuk mematuhi perencanaan tersebut saat liburan nanti.

Pilih paket pesawat + hotel sekaligus

Untuk berpergian menggunakan pesawat, usahakan untuk mencari satu paket bersama tempat tinggal di kota tujuan. Jika memang masih bisa membawa kendaraan pribadi, ini akan jauh lebih menghemat biaya karena harga tiket saat ini masih tinggi. Juga akan memudahkan mobilisasi Anda dan keluarga saat nanti di tempat tujuan. Bila Anda berencana bepergian ke luar negeri, usahakan untuk memesan tiket pesawat dan hotel dari jauh-jauh hari agar lebih murah. Biasanya, akan lebih murah lagi jika yang dibeli adalah paket pesawat + hotel sekaligus.

Cari tempat menginap yang dekat ke mana-mana

Bila Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa memilih hotel atau tempat tinggal yang dekat ke mana-mana. Sehingga, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk sekadar makan atau berbelanja. Perlu juga untuk memesan tempat menginap yang sudah termasuk sarapan. Karena jatuhnya akan lebih murah. Dengan selisih harga, misal Rp 100 ribu, Anda sudah mendapat menu sarapan lengkap untuk 2 orang dewasa dan gratis 2 pax untuk anak-anak di bawah umur 12 tahun. Anda hanya tinggal menyiapkan anggaran untuk 2 kali makan saja dalam 1 hari. Jelas ini akan menghemat pengeluaran Anda.

Kurangi berbelanja di lokasi sentral

Anda bisa melakukan riset tempat belanja yang menarik untuk dikunjungi namun tidak berada di pusat atau sentral wisata. Bagaimana pun, restoran, kafe, dan toko cenderamata yang berada tepat di pusat wisata harganya akan lebih mahal ketimbang Anda harus berjalan sedikit mencari lokasi di pinggirnya. Anda juga sebaiknya mencari tempat makanan khas daerah agar bisa mencoba hal baru. Kebanyakan makanan khas daerah masih dijual oleh penduduk setempat. Sehingga, selain masih otentik, harganya juga bisa lebih murah dari pada yang sudah masuk ke restoran.

Riset tempat belanja murah

Tidak mungkin Anda liburan tanpa berbelanja. Pasti Anda dan keluarga ingin membeli kenang-kenangan dari tempat liburan yang dikunjungi. Karena itu, penting untuk memiliki anggaran belanja, jangan sampai keluar dari bujet. Cari barang apa yang khas dari kota tersebut dan riset di mana tempat belanja yang murah. Jangan masuk ke mall lagi, ke mall lagi. Tidak ada yang istimewa, dong, kalau ke mall saja juga ada di tempat tinggal Anda. Hanya akan penuh-penuhi koper. Anda perlu mengeksplor tempat belanja lain yang tidak ada di tempat tinggal Anda. Kalau harganya murah, mau beli banyak pun nggak khawatir. Bisa untuk sekalian borong oleh-oleh, kan?

Bawa bekal camilan dan air minum dari rumah

Kotak makan dan tempat air minum adalah barang wajib yang harus dibawa. Apalagi saat pergi berlibur bersama anak-anak. Daripada terus membeli air minum kemasan yang harganya bisa berbeda-beda, lebih baik membawa air minum sendiri dari hotel. Banyak hotel yang menyediakan air mineral secara gratis. Kalau tidak, Anda bisa membeli dalam jumlah banyak sekaligus di mini market. Sekalian dengan snek atau camilan untuk stok di hotel. Ketika Anda bepergian, air minum dan jajanan sudah tersedia dan Anda tidak perlu lagi membelinya di sembarang tempat yang harganya bisa tidak menentu.

Bila keluarga Anda bisa bahagia tanpa harus mengorbankan keuangan yang berlebihan, bukankah itu lebih baik? Selagi Anda bisa menghemat pengeluaran, lakukanlah. Agar tidak menyesal kemudian. Karena hidup akan terus berjalan dan tetap akan membutuhkan biaya. Jadi, lebih baik tidak hanya memikirkan hari ini, tapi juga merencanakan hari-hari yang akan datang. Semoga tips di atas dapat membantu Anda menjalankan liburan hemat bersama keluarga. Selamat mencoba!

Referensi:
Anushka F. 1 April 2015. Frugal Living: 15 Secret Ways to Save Money on Holiday. Expert Home Tips: http://bit.ly/2Edn2ys
Kirstie Pelling. 28 November 2018. Family Travel on a Budget - Here’s How You Do It. Familyadventureproject.org: http://bit.ly/2JpQ0zq

Share this Post