How-to

Mengatur Anggaran untuk Hobi-Hobi Mahal Agar Sukses Finansial

visibility 2630

Anda penggemar sekaligus rutin berolahraga golf? Rajin mengikuti gelaran marathon di berbagai negara? Atau selalu menjadwalkan perjalanan ke luar negeri hanya untuk menikmati ski?

Tahukah Anda bahwa serangkaian aktivitas seperti di atas mempunyai sifat buruk yang (sayangnya) dapat melumpuhkan keuangan personal Anda? Bagaimana bisa?

Sst... Bersenang-senang dengan hobi tidak harus selalu mengeluarkan uang dalam jumlah banyak, kok. Ada banyak cara untuk mengakalinya. Simak langkah-langkah berikut ini:

Antimalu mencari diskonan
Di era sekarang, Anda beruntung mempunyai banyak pilihan untuk berbelanja—secara fisik maupun online. Setiap mendatangi toko, jangan malu untuk menanyakan penawaran atau diskon yang sedang berlangsung. Siapa tahu Anda bisa mendapatkan stik golf atau tiket perjalanan dengan harga terjangkau.

Jangan cari yang termahal, cari yang bernilai tinggi
Barang mahal sudah pasti bagus, namun barang yang lebih murah belum tentu tidak bagus. Sesuaikan budget Anda dengan kebutuhan yang sedang Anda cari. Jika dengan harga murah Anda sudah bisa mendapatkan heart rate monitor dengan kualitas yang baik sesuai keperluan, kenapa tidak?

Hindari website, media sosial, atau majalah yang sering membahas hobi Anda
Mengkonsumsinya hanya akan membuat Anda merasa ingin dan ingin mengeluarkan uang untuk sesuatu yang Anda inginkan, bukan butuhkan. Jauh-jauh, deh!

Jangan habiskan waktu dengan menuruti gaya hidup tinggi
Sekali-kali libur dulu membeli 'mainan' baru atau pergi ke destinasi yang mahal, prioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan esensial Anda.

Banyak bergaul dengan orang-orang like-minded
Mengingat lingkungan sosial berpengaruh besar terhadap keinginan untuk membeli, mulailah untuk banyak bergaul dengan orang-orang yang menyukai hal yang sama namun tidak menjadikan membeli perlengkapan atau traveling mahalnya sebagai prioritas.

Dengan menerapkan kebiasaan di atas, Anda pasti dapat menikmati hobi secara lebih santai tanpa pressure, dan tentunya hemat. Pengeluaran pun menjadi lebih sehat. Selamat mencoba!

Share this Post