How-to

Kaya dan Bahagia: 8 Tips Finansial Jitu ala Adele

visibility 2533

Tak dapat diragukan lagi jika Adele merupakan the hottest thing saat ini dengan penjualan dan popularitas album barunya, 25, yang melambung di atas rata-rata. Tapi, ternyata Adele tidak hanya jago menyanyi, lho. Kepandaiannya dalam mengatur keuangan secara rapih turut menjadi rahasia sukses sang penyanyi jazz dan soul kelahiran Tottenham ini. Kepada Wise Bread, Adele membagi delapan tips finansial jitu yang akan menginsipirasi Anda untuk menjadi kaya dan bahagia seperti dirinya.

Ketahui kelayakan’ Anda
Saat Adele merilis album terbarunya, ia menolak untuk memasarkannya via layanan streaming seperti Spotify dan Apple Music dimana pengguna diperbolehkan untuk membeli satu atau beberapa single-nya, tidak harus satu album. Karena ia menyadari ‘kelayakan’ dirinya, Adele bersikukuh agar orang harus membeli albumnya secara utuh. Dan ia benar—pada minggu pertama penjualan albumnya, 25 langsung terjual lebih dari 3 juta kopi.

Miliki (secara sah) apa yang Anda ciptakan
Adele kaya tak hanya karena ia berhasil menjual puluhan juta album dan tiket konser, tapi juga berkat pendapatan yang ia peroleh dari kepemilikan terhadap musik dan liriknya. Pada tahun 2014, perusahaan miliknya yaitu Melted Stone telah menghasilkan kekayaan lebih dari $7,8 juta. Fantastis!

Gunakan handphone lama
Pernahkah Anda memperhatikan, pada klip video Hello, Adele menggunakan flip phone? Ya, handphone ‘buka-tutup’ itu! Meski belum jelas ia membelinya dari toko barang antik mana (hehehe…), namun bisa dipastikan bahwa ia tidak terlalu peduli dengan overages pada paket datanya. Dalam hal ini, premis berikut masih sangat valid, tuh: jangan membeli sesuatu atau mengikuti tren yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Berbelanja di toko baju bekas
Koran The Sun melaporkan, Adele ternyata tidak terlalu bersemangat berbelanja di toko baju mahal. Ia lebih suka berbelanja di beberapa toko baju bekas dekat rumahnya di pinggiran Inggris. “Adele seperti kebanyakan cewek normal, kok. Dia juga rajin menawar tiap berbelanja ke sini,” ujar salah satu sumber di The Sun.

Berpakaian simpel dan fleksibel
Satu hal yang paling orang-orang cintai dari Adele: muncul di setiap performance dengan tampilan basic. Ibu satu anak ini kerap kali muncul dengan dress hitam sederhana. Bahkan pada klip video Hello, ia terlihat menggunakan barang-barang versatile seperti jas kotak-kotak, kemeja plaid, dan syal bermotif. Mashable pun menjuluki pilihan fashion-nya ‘realistis’.

Hindari inflasi gaya hidup yang ‘gila-gilaan’
Adele memang telah berpindah ke rumah mewah seharga $8,5 juta dan hal tersebut merupakan lompatan yang besar. Namun Adele bilang bahwa ia tidak langsung tergoda untuk membeli barang-barang mentereng, wow! Kepada Daily Mail ia bercerita tentang alur perbelanjaannya setelah berpindah rumah. “Kami mulai berbelanja di toko barang mewah online, tapi hanya TV layar datar yang didapatkan, hahaha… Tidak ada perubahan besar yang kami alami. Lagian saya juga sudah punya TV plasma dan masih berfungsi dengan baik.”

Temukan formula terbaik dalam hidup Anda
Adele meraih kesuksesan dengan bersikap loyal terhadap apa yang ia cintai: bernyanyi tentang cinta dan kehilangan dalam melodi ballad yang penuh dengan kekuatan. Ia dapat melakukannya lebih baik dari orang lain, jadi kenapa harus pusing? Sst… Pendekatan tersebut dapat digunakan untuk berinvestasi, lho. Mulai lebih awal, pilih jenis investasi yang paling menguntungkan dan kredibel—salah satunya peer-to-peer lending—dan biarkan investasi Anda menghasilkan kekayaan yang tak terhingga pada hari tua.

Senantiasa menjaga kesehatan
Tak banyak yang berpikiran bahwa kesehatan adalah bagian dari keputusan finansial seseorang. Sangat susah, lho, untuk bisa bekerja dan mencari uang ketika Anda sakit, dan menyia-nyiakan kesehatan dapat menuntun Anda pada prosedur yang rumit di rumah sakit. Adele telah melakukan operasi pita suara pada tahun 2012. Untungnya setelah vakum selama beberapa tahun, ia dapat kembali menghibur penggemarnya dan menciptakan rekor baru di dunia tarik suara internasional.

Share this Post