Tujuan-finansial

Sudah 74 Tahun Indonesia Merdeka, Berikut Cara Mencapai Kemerdekaan Finansial

visibility 369

Kemerdekaan/kebebasan finansial atau financial freedom bukan berarti telah berhasil dicapai ketika seseorang tersebut punya banyak harta. Seringkah Anda melihat orang kaya pun masih harus bekerja keras untuk mempertahankan kekayaannya? Hal tersebut menunjukkan, meski dia sudah kaya, tapi belum bisa mencapai kebebasan finansial. Karena, arti financial freedom sebenarnya adalah mencapai kehidupan yang pantas serta mencukupi. Tidak hanya sekadar berpikir untuk mencari uang demi kehidupan yang serba mewah.

Anda dikatakan berhasil mencapai kebebasan finansial ketika tidak lagi bekerja untuk menghasilkan uang, tapi uang yang bekerja untuk Anda; ketika Anda memiliki rencana keuangan dan berhasil mewujudkannya; dan ketika Anda berhasil tidak menghabiskan uang hanya untuk membayar tagihan setiap bulan.

Lantas, bagaimana bisa mencapai kebebasan finansial tersebut? Berikut Investree punya jawabannya untuk Anda.

Pahami di mana posisi Anda berada

Cari tahu posisi Anda dengan melihat kembali berapa banyak utang yang dimiliki, berapa jumlah tabungan yang belum berhasil Anda kumpulkan, serta berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk semua itu. Setelah mengetahuinya, mulai susun rencana untuk melunasi utang-utang dan menabung sampai jumlah uang yang dibutuhkan tercapai. Tapi sebelum itu semua tercapai, sebaiknya hemat pengeluaran Anda. Jangan paksakan gaya hidup yang tidak bisa Anda jalani. Kalau tidak, Anda akan semakin sulit mencapai kebebasan finansial.  

Pikirkan kembali tujuan yang ingin dicapai

Dalam menjalani hidup sebaiknya kita memiliki tujuan yang ingin dicapai. Saat memiliki tujuan, akan lebih mudah untuk kita mengatur apa yang ingin dilakukan. Misal, Anda putus asa dan kesal dengan utang-utang yang dimiliki. Lalu Anda bersikeras ingin melunasi utang-utang tersebut. Keputusasaan itu membuat Anda semakin termotivasi untuk bisa melunasi utang sesegera mungkin. Atau Anda ingin menabung untuk bisa memiliki tempat tinggal pribadi agar dapat pindah dari rumah orang tua. Tujuan itu dapat memotivasi Anda mencapai hal yang lebih positif dalam hidup.

Buat rencana keuangan dan tentukan berapa besar uang yang harus disisihkan agar bisa mencapai tujuan tersebut. Mungkin butuh waktu yang lebih lama dari sebulan. Tapi kalau setiap tahun Anda berhasil memiliki progress dan semakin dekat dengan tujuan Anda, itu jauh lebih baik.

Dahulukan untuk membayar diri sendiri

Anda harus lebih dulu menyisihkan uang ke dalam rekening tabungan sebelum melakukan pembayaran apapun, termasuk tagihan. Mengapa? Tujuannya adalah untuk menghindari kebiasaan menabung hanya dari uang yang tersisa. Ketika Anda sudah menyisihkan dana tabungan, entah itu untuk tabungan dana pensiun atau untuk asuransi kesehatan, berarti Anda telah lebih dulu menyelamatkan kehidupan masa depan. Ketika uang yang akan digunakan untuk membayar tagihan kurang, Anda bisa mengambilnya dari pendapatan tambahan.

Bila di tempat Anda bekerja memberi fasilitas potongan gaji untuk membayar dana atau tabungan pensiun, pastikan Anda telah terdaftar. Setelah itu, Anda bisa menerima gaji bersih yang bisa digunakan untuk membayar tagihan dan kebutuhan hidup sehari-hari.    

Lakukan pengeluaran secukupnya

Setiap orang punya kebutuhan hidupnya sendiri-sendiri. Namun, tidak mungkin lepas dari kebutuhan pokok yang terdiri dari kebutuhan makan, pakaian, serta tempat tinggal. Hanya saja yang membedakan, setiap orang punya standar sendiri-sendiri. Standar itu terbentuk dari lingkungan dan aktivitas sosial yang dijalaninya setiap hari.

Agar kebebasan finansial semakin mudah dicapai, hiduplah dengan standar yang mencukupi. Tidak memaksakan pengeluaran yang berlebihan, tapi secukupnya saja. Misal, Anda sudah cukup memakai pakaian dengan merek lokal, lalu kenapa harus membeli merek luar negeri yang harganya jauh lebih mahal? Atau, Anda sudah cukup kenyang dengan uang Rp 30.000 sekali makan, kenapa harus mengeluarkan uang sampai Rp 100.000 hanya untuk sama-sama membuat perut kenyang?

Lunasi utang Anda

Anda tidak mungkin bebas secara finansial bila masih memiliki pinjaman di bank, atau masih memiliki cicilan kendaraan. Utang/pinjaman yang Anda miliki harus segera dilunasi bila ingin mencapai kebebasan finansial. Ketika Anda memiliki beberapa pinjaman, lunasi dulu pinjaman yang nilainya paling kecil atau lunasi pinjaman yang bunganya paling besar. Ketika Anda telah berhasil melunasi salah satu utang tersebut, tingkatkan nominal cicilan untuk membayar utang lainnya yang belum lunas. Ajukan kepada pihak bank untuk mempersingkat jangka waktu pelunasan dengan menambah besar cicilan utang per bulannya.

Ketika Anda sudah tidak lagi memiliki utang, ini bisa menjadi salah satu tolok ukur bahwa Anda sudah mencapai kebebasan finansial. Hidup tanpa beban utang akan membuat hidup jadi lebih tenang. Anda bisa menyisihkan uang lebih banyak untuk ditabung atau diinvestasikan. Ketika melihat uang di tabungan terus bertambah, akan membuat Anda semakin termotivasi.

Berbicara tentang investasi, masih berlangsung, nih, masa penawaran Sukuk Tabungan seri ST005 sebagai #InvestasiCintaNegeri hingga tanggal 21 Agustus 2019. Jadikan diri Anda semakin merdeka finansial dengan berinvestasi ST005 - alternatif investasi syariah yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan bagi individu WNI. Tingkat imbalan yang ditawarkan adalah minimal mengambang (floating with floor) sebesar 7,40% per tahun; tenor 2 (dua) tahun; pemesanan terjangkau yaitu mulai dari Rp 1 juta. Selain itu, Anda akan memperoleh keuntungan lainnya seperti pemesanan mudah 100% online dan berlaku pelunasan sebelum jatuh tempo (early redemption) maksimal 50% dari minimal pemesanan Rp 2 juta tanpa biaya pelunasan setelah 12 bulan kepemilikan. Imbalan akan dibayarkan setiap bulan oleh Penerbit. Sst... Beli ST005 di Investree bisa dapat bonus hingga Rp 30 juta, lho. Klik di sini.

Beli pengalaman bukan benda

Anda pasti ingin sesekali menikmati hidup dari uang yang Anda hasilkan. Itu tidak masalah. Asal, pengeluaran yang Anda lakukan tetap sesuai bujet. Nah, disarankan Anda lebih memilih untuk mencari pengalaman baru ketimbang membeli suatu barang yang baru. Pengalaman baru akan meninggalkan memori yang bisa dikenang sepanjang hidup. Apalagi bila menjalaninya dengan orang terkasih, seperti keluarga atau teman-teman. Kalau Anda membeli barang baru, apakah bisa membuat Anda lebih bahagia dalam jangka panjang? Jika tidak, Anda hanya akan terus melakukan pembelian dan membuat pengeluaran jadi lebih banyak.

Mencari pengalaman baru tidak harus jauh-jauh dan menghabiskan banyak biaya. Buat Anda yang tinggal di Jakarta, rencana rekreasi ke Bandung atau Bogor bisa memberi pengalaman baru. Bila ingin melakukan liburan impian, pastikan Anda mewujudkannya tanpa harus berutang. Jangan buat liburan Anda jadi tidak tenang agar Anda bisa menikmatinya.

Bertahun-tahun Indonesia dijajah oleh Jepang dan Belanda, hingga pada akhirnya Indonesia berhasil merdeka di tahun 1945. Selama 74 tahun Indonesia merdeka, apakah Anda telah berhasil mencapai kemerdekaan secara finansial? Atau pernahkah Anda berencana untuk mencapai kebebasan finansial? Semua memang butuh perjuangan, tapi tidak ada yang tidak mungkin, kok. Kebebasan finansial bisa Anda wujudkan dengan coba menerapkan beberapa tips di atas. Selamat berjuang!

Referensi:
Nicole Martins Ferreira. 29 Oktober 2018. 10-Step Formula to Achieve Financial Freedom in 2019. Oberlo.com (Blog): https://id.oberlo.com/blog/financial-freedom
Fransiska Ardela. 10 May 2017. Kebebasan Finansial Bukan Berarti Kaya dan Bebas Utang Lho! Tapi… Finansialku.com: http://bit.ly/33zhd9F

Share this Post