Tujuan-finansial

5 Resolusi untuk Capai Target Keuangan di Tahun 2020

visibility 63

Tidak terasa waktu cepat sekali berlalu, sekarang kita sudah di tahun yang baru yaitu 2020. Lantas, apakah Anda sudah melakukan evaluasi pada kondisi keuangan di sepanjang tahun 2019? Apakah semua target keuangan sudah berhasil tercapai? Kalau belum, Anda masih bisa mengupayakan di tahun yang baru. Karena waktu tidak bisa diulang kembali, Anda hanya bisa menatap hari esok dengan rencana baru. Tidak ada yang perlu disesali, mumpung masih ada waktu beberapa hari lagi, coba segera Anda susun resolusi untuk tahun depan. Khususnya resolusi keuangan demi mencapai target keuangan di tahun 2020 ini. Supaya tidak bingung, berikut Investree punya ulasannya untuk Anda!

Resolusi mengurangi utang

Seperti yang disarankan oleh para ahli keuangan, utang yang ideal untuk dimiliki adalah sebesar 30% dari total penghasilan bulanan. Kalau di tahun 2019 Anda memiliki utang di atas angka tersebut, sebaiknya tahun depan Anda harus memiliki target untuk menguranginya dan mengembalikan ke porsi ideal. Coba cek daftar pengeluaran kartu kredit Anda, apakah kartu kredit menjadi sumber utang terbesar bagi Anda? Kalau ya, coba berpikir lebih bijak saat menggunakannya dan mengurangi limit kartu kredit adalah cara untuk mengurangi utang di tahun depan. Apalagi buat Anda yang tidak bisa mengontrol penggunaan kartu kredit dengan baik.

Atau ketika Anda sulit mengurangi utang hingga mencapai angka ideal, Anda bisa menambah total penghasilan dengan memiliki pekerjaan sampingan. Namun, bukan berarti penghasilan yang bertambah harus berbanding lurus dengan pengeluaran yang bertambah pula. Tambahan penghasilan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mengurangi utang, bukan menambahnya.

Resolusi mematuhi anggaran

Ketika kondisi keuangan Anda berada dalam kondisi tidak sehat di tahun 2019, coba untuk mengoreksinya. Mungkin Anda selama ini tidak pernah disiplin mematuhi anggaran bulanan. Atau justru tidak pernah membuatnya sama sekali. Ini yang kemudian membuat pengeluaran jadi tidak terkontrol sehingga membuat Anda terlalu boros di awal bulan sampai-sampai tidak bisa memiliki tabungan. Padahal, anggaran bulanan bisa menjadi peta yang menuntun keuangan Anda sampai di tujuan yang diinginkan. Sehingga Anda tidak mungkin tersesat bila secara tertib mengikutinya. Ketika pengeluaran sudah keluar dari bujet yang ditentukan, Anda bisa segera berhenti. Dengan begitu, anggaran dapat berfungsi sebagai pengatur pengeluaran Anda.

Tahun ini, miliki resolusi untuk mematuhi anggaran secara teratur dan mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan. Supaya keuangan Anda lebih tertata dan membuat kondisi keuangan tahun depan jadi lebih sehat. Tidak lupa juga untuk menganggarkan kebutuhan investasi dan menabung agar tidak hanya menjadi sekadar wacana.

Resolusi untuk berhemat

Berhemat bisa dilakukan salah satunya dengan mulai membatasi pengeluaran kecil yang sifatnya rutin, seperti beli air mineral, jajan camilan, rokok, makanan online, ngopi, hingga fee untuk pembayaran/pembelian yang memanfaatkan fasilitas online. Meski terkesan remeh, namun bila dilakukan berulang-ulang akan membuat pengeluaran jadi boros. Bahkan kalau dikumpulkan nilainya bisa lebih besar dari nominal tabungan selama satu bulan. Itu mengapa, nilai tabungan jadi sulit sekali bertambah. Mulailah untuk membawa botol minum sendiri, kurangi beli makanan secara online dan usaha untuk membelinya sendiri, serta kurangi jajan kopi dan camilan yang juga tidak baik buat kesehatan Anda.

Selain itu, tahun ini, berkomitmenlah untuk memiliki no-spend days di setiap bulannya. Entah itu di waktu libur akhir pekan atau di hari kerja. Siapkan paling tidak 4-5 hari setiap bulannya untuk Anda bisa melewati hari tersebut tanpa pengeluaran sama sekali. Ketika Anda berhasil melakukannya, coba lihat perbandingan kondisi keuangan Anda tahun lalu dan sekarang.

Resolusi mempersiapkan masa pensiun

Masa pensiun membutuhkan persiapan dari jauh-jauh hari. Setiap perusahaan sudah mewajibkan pegawainya dalam keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan, pastikan Anda sudah terdaftar di dalamnya. Lalu apakah itu saja cukup? Bila dirasa masih kurang, Anda juga bisa mendaftar Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) yang bisa dilakukan melalui bank-bank yang ada di Indonesia. Dikarenakan dana pensiun sifatnya pribadi, Anda harus mempersiapkannya secara personal.

Bila di tahun 2019 Anda juga belum mulai mempersiapkan, segera di tahun 2020 ini Anda harus memilikinya. Pasti Anda tidak ingin di hari tua malah menyusahkan dan bergantung dengan orang lain, kan?

Resolusi untuk berinvestasi

Investasi juga bisa menjadi sarana untuk Anda mempersiapkan masa pensiun. Anda tinggal memilih investasi skema jangka panjang untuk tujuan dana pensiun seperti reksa dana saham, emas, properti, dan lain-lain. Kalau Anda memiliki tujuan keuangan jangka pendek, Anda juga bisa memilih investasi berupa reksa dana pasar uang, deposito, marketplace lending layaknya Investree, dan lain-lain. Lalu ketika di tahun 2019 Anda masih mengalami kesulitan untuk menabung, tahun ini siap-siap untuk mewujudkannya. Anda bisa memilih tabungan berjangka dan memanfaatkan sistem autodebit agar bisa selalu mengutamakan menabung di awal bulan.

Yang pasti Anda harus memiliki target dan tujuan keuangan yang ingin dicapai untuk memotivasi Anda bisa berinvestasi dan menabung di tahun ini. Target dan tujuan keuangan juga berguna saat dimiliki agar dapat mengukur kondisi keuangan Anda di setiap tahunnya.

Resolusi keuangan sangat baik disusun awal tahun - saat Anda belum melakukan apa-apa di tahun yang baru tersebut tapi sudah mendapatkan hasil evaluasi satu tahun ke belakang. Sehingga Anda sudah dapat mengetahui apa saja yang harus diperbaiki agar target keuangan tahun depan bisa tercapai. Yuk, kita buat setiap tahunnya kondisi keuangan kita jadi lebih baik. Selamat menjalani tahun yang baru! Semoga kesejahteraan selalu mengiringi Anda.

Referensi:
Ratna Wahyuningsih. 17 Desember 2019. Mau Banyak Duit di Tahun 2020? Wujudkan 3 Resolusi Keuangan Ini. Cermati.com: http://bit.ly/2QpghyX
Susannah Snider. 2 Desember 2019. 20 Financial New Year’s Resolutions for 2020. USNews: http://bit.ly/2sVU0Am

Share this Post