Tujuan-finansial

5 Resolusi Finansial untuk Tahun Baru yang Lebih Cerah

visibility 2901

Cola sisa tahun baru masih tersimpan di lemari pendingin, trompet bekas perayaannya pun masih tergeletak di sudut kamar Anda. Tak ketinggalan sisa kenangan di tahun lalu yang masih lekat dalam ingatan. Meski tahun 2015 penuh dengan warna, kini Anda sudah tiba di tahun yang berbeda—tentunya dengan rencana dan pencapaian baru yang ingin Anda raih.

Di awal tahun ini, belum terlambat untuk merancang harapan baru dalam hidup termasuk resolusi keuangan. Justru inilah waktu yang tepat untuk menata ulang stabilitas finansial dan mencapai tujuan terbesar di tahun 2016: to be financially secured. Tak perlu repot-repot menemui penasihat keuangan, berikut adalah resolusi yang Investree sarankan untuk Anda dan siap dijalankan selama 365 hari ke depan!

Spend less, save more
Pegang teguh prinsip “lebih besar pasak daripada tiang” — Mengetahui seberapa besar kemampuan Anda untuk melakukan kegiatan adalah hal yang sangat penting. Mulai sekarang, gunakan uang yang Anda punya secara bijak dan bedakan mana hal yang Anda butuhkan dan inginkan. Jangan sampai tergiur menggunakan sisa penghasilan Anda untuk hal-hal yang sebenarnya tidak Anda prioritaskan. Simpan uang yang Anda miliki; uang ini bisa menjadi penolong ketika sesuatu hal tak terduga menimpa Anda dan keluarga.

Catat semua pengeluaran
Dulu, mungkin kita terbiasa melakukannya secara manual dengan mengumpulkan semua bon pembelian dan bukti-bukti lainnya untuk kemudian dicatat. Kini ada cara yang lebih mudah, lho! Terlebih untuk Anda yang seringkali mengalami kesulitan dalam mencatat secara manual, entah karena gemar lupa meletakkan barang atau memang tidak terbiasa. Cukup dengan mengunduh aplikasi pelacak pengeluaran di smartphone, Anda sudah selangkah lebih dekat untuk mencentrang resolusi ini dari daftar yang Anda punya.

Pisahkan pengeluaran Anda, buat akun bank berbeda
Anda seorang kepala keluarga yang berkomitmen memberikan tempat tinggal yang nyaman untuk keluarga Anda? Seorang karyawan yang hobi berwisata? Atau seorang ibu tunggal yang ingin membiayai si kecil sekolah hingga ke universitas? Menuliskan anggaran untuk hal-hal yang Anda ingin capai memang krusial, namun itu saja belum cukup. Jika Anda hanya memiliki satu akun bank maka cobalah untuk membuka beberapa akun bank tambahan. Hal ini bisa menjadi gerbang awal untuk mewujudkan berbagai keinginan Anda. Dengan memiliki beberapa akun bank, Anda sebenarnya sedang membuat pembagian dan melindungi uang Anda dari penggunaan yang tidak perlu.

Buat rencana anggaran
Belajar dari bagaimana Anda mengatur dan menggunakan uang pada tahun lalu bisa menjadi awal yang baik dalam menyusun perencanaan anggaran yang tepat untuk setahun ke depan. Pastikan Anda memiliki tujuan yang spesifik dan jelas. Jangan lupa juga untuk selalu mengukur keberhasilan rencana anggaran yang Anda punya. Pada akhirnya, Anda dapat mengetahui apakah rencana anggaran yang Anda punya benar-benar tercapai atau tidak.

Diversify
Banyak di antara kita yang berpikir bahwa dengan menyimpan uang di bank maka kita sudah jelas akan mendapatkan keuntungan. Perasaan aman juga ditimbulkan begitu kita menyimpan seluruh uang yang kita punya dalam bentuk tabungan atau deposito. Pada praktiknya, bunga yang Anda dapatkan bisa jadi impas dengan inflasi yang terjadi seiring dengan perkembangan ekonomi di Indonesia yang fluktuatif. Dengan kata lain, Anda berpotensi mengalami kerugian karena menyimpan uang Anda di bank.

Inilah saatnya untuk mempelajari banyak jenis investasi lainnya yang dapat menguntungkan Anda. And, don’t put all eggs in one basket! Dengan begitu, risiko Anda mengalami kerugian dalam berinvestasi akan menjadi lebih rendah.

Salah satu cara berinvestasi yang cukup menarik adalah dengan peer-to-peer lending atau biasa dikenal dengan P2P lending. Ditunjang dengan semakin majunya teknologi, mempertemukan Investor dan Borrower melalui sebuah online marketplace kini menjadi hal yang sangat mungkin bahkan mudah untuk dilakukan. Hal inilah yang dilakukan oleh Investree sebagai pionir penyedia layanan P2P lending di Indonesia. Menawarkan solusi yang lebih cerdas bagi Anda yang ingin berinvestasi maupun mengajukan pinjaman, dapatkan kesempatan untuk meraih return terbaik bagi Investor atau suku bunga kompetitif risiko bagi Borrower dengan cara yang aman, fleksibel, dan terpercaya.

Jadi, tunggu apa lagi? Waktunya mewujudkan resolusi keuangan di atas dan buat 2016 menjadi tahun finansial terbaik Anda!

Share this Post