Perencanaan-finansial

Kiat Mengelola Uang THR Agar Punya Manfaat Jangka Panjang

visibility 776

Ketentuan bagi para pekerja yang akan menerima uang tunjangan hari raya (THR) adalah satu kali gaji bagi yang telah bekerja selama 12 bulan. Bagi yang belum mencapai waktu tersebut akan disesuaikan dengan masa kerjanya atau dihitung dengan menggunakan rumus (masa kerja/12 x gaji). Uang THR diberikan kepada para pekerja sebagai bonus. Namun, tidak sedikit yang menyalahgunakan uang tersebut dengan menghabiskannya langsung dalam waktu sesaat. Hal umum yang terjadi, seseorang cenderung mengeluarkan uang lebih banyak ketika mendapat uang tambahan dalam jumlah besar. Ujung-ujungnya, penggunaan uang THR tidak dilakukan dengan bijak.

Lalu, agar uang THR Anda bisa bermanfaat tidak untuk saat ini saja, butuh pengelolaan yang benar. Berikut Investree punya cara bijak mengatur uang THR agar manfaatnya bisa dirasakan dalam jangka waktu yang lama. Simak ulasan berikut ini!

Dahulukan untuk kebutuhan hari raya

Hal yang paling pertama harus dilakukan adalah membuat anggaran pembagian uang THR. Tentu yang namanya tunjangan hari raya ditujukan untuk kebutuhan hari raya, seperti mudik, zakat, membeli baju lebaran, kue lebaran, dan kebutuhan untuk hidangan lebaran. Pastikan kebutuhan tersebut menjadi prioritas. Tapi sebaiknya juga tidak menghabiskan semua uang THR hanya untuk kebutuhan ini. Anggarkan maksimal 40% untuk kebutuhan hari raya. Agar Anda masih memiliki sisa untuk kebutuhan lainnya di bawah ini.

Gunakan untuk membayar kebutuhan tahunan

Pasti Anda tidak bisa menghindari kebutuhan yang sifatnya tahunan. Misal, Anda memiliki kendaraan pribadi, seperti mobil atau motor yang memiliki pajak tahunan. Bila Anda lalai membayar, tanggungan pajak tersebut semakin lama akan semakin menggunung. Selain pajak kendaraan, ada juga Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi Anda yang telah memiliki rumah atau ada juga beberapa apartemen yang disewa belum termasuk dengan pajak PBB tahunan.

Jika uang THR bisa Anda gunakan juga untuk membayar kebutuhan tahunan tersebut, pasti bisa membuat hidup Anda lebih tenang, setidaknya dalam kurun waktu satu tahun ke depan. Belum lagi bila Anda telah memiliki anak yang bersekolah, pasti ada beban biaya tahunan yang harus dibayarkan setiap tahun. Nah, uang THR bisa Anda manfaatkan untuk melunasi tanggungan tersebut. Setelah Idul Fitri usai, Anda tidak perlu lagi pusing memikirkan biaya sekolah anak dan bisa kembali fokus bekerja.

Alokasikan untuk membayar utang

Ketika penghasilan bulanan Anda selalu habis setiap bulannya sehingga mengorbankan utang-utang yang harus dilunasi, uang THR bisa menjadi solusi. Setidaknya Anda bisa melunasi utang yang sifatnya mendesak lebih dulu atau yang bunganya paling besar dulu. Ketika beban utang mulai berkurang, hari-hari Anda di bulan berikutnya akan terasa lebih ringan. Bila memang tidak ada utang yang harus dibayar, manfaatkan uang THR untuk ditabung menambah tabungan dana darurat Anda. Karena apa yang akan terjadi nanti, tidak ada yang pernah tahu. Jadi, lebih baik mempersiapkan payung sebelum hujan, kan?

Sisihkan juga untuk investasi

Tidak ketinggalan mengalokasikan uang THR untuk dana investasi. Ketika Anda hanya bisa menyisihkan dana investasi di bawah 10% setiap bulannya, anggarkan uang THR Anda paling tidak 20% untuk menambah dana investasi Anda. Karena bagaimana pun, investasi memiliki manfaat jangka panjang. Sehingga uang THR tidak hanya numpang lewat, tapi juga bisa berguna bagi kehidupan Anda di masa yang akan datang. Bayangkan bila setiap tahun Anda bisa menyisihkan sekitar 20% dari uang THR untuk investasi. Dalam kurun waktu 5 tahun saja, hasilnya sudah bisa Anda rasakan. Jangan sampai menyesal di kemudian hari, ya.

Tidak lupa untuk berbagi

Perhatikan juga orang-orang di sekitar Anda yang membutuhkan. Ada baiknya Anda berbagi rezeki agar berkah yang Anda terima tidak putus-putus. Apalagi bulan Ramadhan adalah waktu terbaik untuk mencari amalan melalui sedekah. Dengan berbagi, uang THR Anda bisa bermanfaat tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga bermakna bagi orang lain. Manfaat yang didapat bisa untuk jangka panjang. Jangan hanya dihabiskan sendiri karena bahagianya hanya untuk sesaat saja.

Ketika tahun ini Anda bisa mengelola uang THR dengan baik, Anda akan merasakan manfaat kepastian finansial di masa yang akan datang. Sehingga dapat membuat hidup Anda jauh lebih tenang. Lakukanlah apa yang menjadi kebiasaan orang kaya, tidak terburu-buru menghabiskan uang hari ini dan lebih memilih untuk menabung atau menginvestasikan uang tersebut agar nilainya tumbuh. Sehingga mampu menjadi sumber daya keuangan untuk masa depan Anda.

Referensi:
Asteria Desi Kartika Sari. 27 Mei 2018. Kiat Bijak Mengelola Tunjangan Hari Raya. Bisnis.com: http://bit.ly/2LyBmaK
Admin. 22 Mei 2017. Begini Cara Bijak Memakai Uang THR agar Sejahtera. Finansialku.com: http://bit.ly/2E2x05G

Share this Post