Menabung

Tips Liburan Hemat Akhir Tahun 2019

visibility 361

Tahun 2019 akan segera berakhir, apa Anda sudah memiliki rencana untuk menghabiskan libur akhir tahun? Libur akhir tahun paling seru kalau bisa dihabiskan bersama keluarga, rekan, dan sahabat. Tidak harus mengeluarkan banyak biaya, asal bisa membuat Anda merasa santai sejenak. Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu libur akhir tahun, mulai dari yang menghabiskan bujet besar hingga yang ekonomis juga ada. Semuanya tergantung pada anggaran yang Anda miliki dan Anda tinggal menyesuaikannya. Jangan memaksakan hal yang sekiranya dapat merugikan Anda di masa yang akan datang, seperti sampai rela berutang hanya agar bisa mewujudkan liburan impian.

Sebenarnya, di mana saja bisa menjadi liburan impian Anda, itu hanya soal persepsi saja. Cobalah berlibur sesuai dengan anggaran yang dimiliki atau Anda bisa lebih berhemat dengan mempraktikkan tips istimewa yang Investree berikan di bawah ini.

Jangan berharap terlalu berlebihan

Ketika Anda akan pergi berlibur ke luar kota atau bahkan ke luar negeri jangan memasang harapan tinggi bahwa liburan tersebut bisa berjalan tanpa hambatan. Anda harus bersiap untuk segala kendala yang berpotensi terjadi. Banyak dari kita yang merencanakan kunjungan keluarga dan liburan dengan harapan perjalanan yang sempurna, penuh kemegahan, penerbangan tepat waktu, semua anggota keluarga akan memenuhi aturan, atau anak-anak Anda akan mudah diatur, semua harapan itu harus dikesampingkan. Anda harus bisa menerima bahwa hambatan perjalanan atau drama keluarga mungkin saja muncul, maka Anda akan merasa lebih siap bila nantinya hal tersebut benar-benar terjadi. Sehingga Anda tetap bisa menjalani liburan dengan tenang, dan tujuan Anda berlibur dapat tercapai tanpa harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi.

Bandingkan harga

Setiap destinasi wisata punya penawaran masing-masing seputar harga tiket, biaya akomodasi, biaya sewa mobil, dan lain-lain. Cari tempat tujuan yang menawarkan harga tiket dan tempat menginap yang lebih murah. Anda bisa mengetahuinya dengan cara melakukan perbandingan harga. Luangkan waktu untuk mencari penawaran terbaik dan tidak perlu terburu-buru. Lebih baik lagi kalau Anda bisa membelinya dari jauh-jauh hari supaya dapat harga yang lebih murah. Atau, manfaatkan promo diskon dari platform tiket online dengan jadwal keberangkatan akhir tahun. Pilih bandara tujuan yang tidak terlalu jauh dari kota, apalagi bila harus menyewa mobil tambahan, biaya yang dikeluarkan akan sama saja. Lalu untuk penginapan, usahakan mencari hotel yang dekat ke mana-mana, terutama dengan area makanan. Supaya Anda tidak harus membeli makanan di hotel yang harganya pasti lebih mahal. Berbeda dengan sarapan, sebaiknya Anda memilih kamar yang sudah termasuk dengan paket sarapan karena jatuhnya akan jadi lebih murah.

Hindari waktu puncak perjalanan

Sebaiknya Anda tidak memilih perjalanan di atas tanggal 25 Desember hingga 31 Desember karena itu adalah waktu puncak orang-orang akan melakukan perjalanan libur akhir tahun. Coba diskusikan dengan keluarga untuk pergi di minggu pertama atau kedua bulan Desember, dan hindari untuk memilih hari Sabtu, Minggu, dan Senin. Sebelum Anda memesan, Anda bisa mencari informasi statistik tentang hari-hari perjalanan liburan terbaik dan terburuk. Pilih waktu penerbangan yang tidak diminati banyak orang untuk menghindari keramaian dan harga tiket yang mahal. Mungkin waktu di pagi atau malam hari adalah waktu terbaik. Dan, tidak heran bila harga tiket pesawat jadi lebih murah pada hari malam Natal. Karena pada waktu itu adalah waktunya perayaan bersama keluarga yang membuat jadwal tersebut tidak banyak dipilih.

Berangkat ke bandara lebih cepat

Sediakan spare waktu dua sampai tiga jam untuk cadangan perjalanan Anda ke bandara. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi saat perjalanan dan saat setibanya di bandara, sehingga Anda juga harus memperhitungkan kendala macet lalu lintas di jalan atau check in yang harus mengantri panjang, untuk menghindari keterlambatan atau ketinggalan pesawat. Lebih baik Anda menunggu di bandara ketimbang harus membeli tiket lagi saat ketinggalan pesawat. Waktu yang longgar membuat Anda punya lebih banyak kesempatan untuk mengendalikan kondisi tak terduga yang sering terjadi saat perjalanan liburan.suk

Tidak membawa bagasi berlebihan

Ketika Anda akan melakukan perjalanan liburan akhir tahun, usahakan tidak membawa bagasi berlebihan supaya tidak merepotkan Anda. Kalau Anda berniat ingin membawakan hadiah untuk keluarga di tempat tujuan, Anda bisa lebih dulu mengirimkannya melalui ekspedisi atau membelinya secara online dan mengirimkannya langsung kepada mereka. Supaya barang bawaan Anda tidak berlebihan dan Anda tidak dikenakan biaya tambahan bagasi. Itu akan jauh lebih mahal. Belum lagi risiko kehilangan bagasi ketika harus melalui bandara yang sibuk di tengah hiruk pikuk masa liburan. Lebih baik kalau Anda hanya membawa sedikit koper supaya tidak ada risiko kehilangan. Juga tidak lupa membawa charger ponsel ketimbang harus membelinya lagi di kota tujuan, pasti akan jadi lebih ribet.

Anda bisa lakukan perjalanan darat

Ini bisa menjadi tips terbaik untuk menghemat anggaran liburan yaitu berpergian dengan mobil pribadi tanpa harus mengeluarkan biaya tiket pesawat. Tentu akan jadi lebih murah, terlebih Anda tidak perlu lagi menyewa mobil di kota atau tempat tujuan karena sudah membawa mobil sendiri. Kalau takut kelelahan, Anda bisa siapkan satu hari untuk beristirahat penuh setibanya di kota tujuan tanpa harus pergi kemana-mana dulu. Setelah capek hilang, baru Anda bisa berjalan-jalan dan menikmati waktu libur. Atau, Anda bisa memilih tempat liburan yang dekat dengan daerah tempat tinggal supaya tidak mengemudi mobil terlalu jauh. Tidak lupa juga untuk mempersiapkan rute alternatif jika Anda mengemudi mobil pribadi karena hal-hal tak terduga mungkin saja terjadi di perjalanan, sehingga Anda harus mempersiapkan rencana cadangan. Pastikan smartphone atau GPS yang digunakan selalu dalam kondisi prima karena pasti akan sangat Anda butuhkan.

Tidak ada salahnya membeli asuransi perjalanan

Yang namanya perjalanan, peristiwa tidak terduga bisa saja terjadi. Untuk mengantisipasinya, ada baiknya Anda memilih untuk membeli asuransi perjalanan yang bisa Anda temukan di platform tiket online. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan supaya liburan Anda jadi lebih tenang. Ketika Anda memilih untuk berlibur menggunakan mobil pribadi, pastikan mobil yang Anda gunakan telah memiliki asuransi. Sehingga bila sesuatu yang buruk terjadi dalam perjalanan, bahkan misal hanya kerusakan sebagian kecil, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang lebih untuk memperbaikinya. Biar pihak asuransi yang melakukan tugasnya memperbaiki mobil Anda yang rusak.

Kontrol minat belanja Anda

Saat Anda menghabiskan waktu berlibur ke luar kota atau ke luar negeri, pastikan Anda tidak memanfaatkannya hanya untuk belanja, belanja, dan belanja. Kontrol keinginan Anda mengeluarkan uang secara masif ketika sedang berlibur. Karena selain membuat pengeluaran jadi lebih boros, Anda akan kesulitan membawa pulang barang belanjaan tersebut. Berbelanjalah secukupnya sesuai dengan bujet yang telah Anda anggarkan dan sesuai dengan kebutuhan. Jangan membeli barang yang sekiranya tidak akan terpakai. Kalau ingin membeli oleh-oleh, usahakan membeli yang ukurannya kecil saja sehingga tidak memakan banyak tempat di bagasi.

Berlibur di dalam kota

Menghabiskan waktu libur akhir tahun tidak harus pergi ke luar kota, kok. Anda bisa mengisinya dengan datang ke perayaan tahun baru yang pasti ada di sekitar tempat tinggal Anda. Anda bisa datang bersama orang terkasih dan menghabiskan waktu akhir tahun dengan beragam pilihan aktivitas seru yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Yang jelas, kalau masih di dalam kota pasti biaya yang harus dikeluarkan jadi lebih murah dan bisa berhemat untuk keuangan Anda di tahun depannya.

Liburan bukan masalah berapa banyak uang yang Anda keluarkan, namun seberapa berkualitasnya liburan yang Anda jalankan atau seberapa berhasilnya tujuan dari liburan itu dapat tercapai. Karena percuma bila liburan mahal-mahal tapi Anda yang menjalaninya juga tidak bahagia. Lebih baik liburan dengan bujet ekonomis tapi Anda bisa menikmatinya. Yang penting setelah selesai liburan, pikiran dan perasaan Anda menjadi segar kembali. Selamat berlibur dan menyambut tahun baru 2020!

Referensi:
Redweek. 29 November 2019. Holiday Travel Tips - Christmas & New Year’s. RedWeek Blog: http://bit.ly/2RyjGgY
Nyssa P. Chopra. The 10 Best Travel Tips and Hacks for 2019. The Cultureur: http://bit.ly/38kKYNK

Share this Post