Menabung

7 Tips Agar Bisa Nabung Meski Hidup di Kota Besar

visibility 1708

Penduduk Indonesia punya semangat kerja yang tinggi bahkan tingkat produktivitasnya tergolong baik. Tapi mengapa Indonesia belum bisa menjadi negara kapital? Malah berhasil menjadi negara dengan tingkat konsumsi tinggi. Salah satu penyebabnya mungkin persoalan ekonomi dan keuangan. Masyarakat Indonesia masih sedikit yang memiliki kesadaran gemar menabung. Orang kita lebih suka membeli barang dengan kredit atau bayar di belakang, ketimbang mengumpulkan uang di depan dulu baru membelanjakannya.

Apa manfaat dari menabung?

Menabung merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat. Ketika Anda mengumpulkan uang di depan, ada kemungkinan saat akan menggunakannya - keputusan pembelian akan jadi lebih rasional. Akan teringat bagaimana perjuangan saat mengumpulkan uang tersebut. Tidak ada lagi gengsi untuk hidup hemat. Karena dengan memiliki tabungan, Anda akan lebih percaya diri. Punya cadangan uang yang banyak, buat Anda lebih berani menghadapi lingkungan hidup yang beragam. Tidak hanya itu, berikut manfaat lain dari menabung:

Mengajari untuk lebih menghargai uang. Ada pepatah Jepang mengatakan, “barang siapa menertawakan uang 1 yen, suatu saat orang tersebut akan menangis karena uang 1 yen”. Jadi meski uang receh sekali pun, uang tersebut tetaplah uang. Yang bisa ditabung, meski nilainya kecil, bila terus dikumpulkan akan jadi banyak. Bila Anda sudah bisa menghargai uang, Anda tidak akan mudah untuk menghamburkannya.

Mengajari hidup hemat. Bila Anda gemar menabung, otomatis Anda akan mengurangi jatah pengeluaran untuk hal konsumtif. Bila sudah terbiasa melakukan hal tersebut, berarti Anda telah sukses menjalankan pola hidup hemat.

Membiasakan kita pandai mengatur uang. Saat Anda akan mulai menabung, pasti Anda punya persentase pembagian. Berapa banyak uang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan berapa banyak uang untuk ditabung. Kebiasaan mengatur uang seperti ini akan memudahkan Anda mengetahui arus kas keuangan. Jadi Anda dapat mengetahui mana yang harus dikurangi dan mana yang harus ditambah untuk membuat kondisi keuangan tetap stabil.

Nah, meski saat ini Anda tinggal di kota besar, bukan tidak mungkin Anda bisa menyisihkan uang untuk ditabung. Semua itu balik lagi, perlu disiplin dan berani untuk tidak hanya menjadi followers. Anda harus punya prinsip dan tekad yang kuat demi menciptakan kondisi keuangan yang lebih baik karena masa depan tidak ada yang tahu. Semua bisa dipersiapkan dari sekarang. Di sini, Investree akan berbagi tips untuk Anda yang tinggal di kota besar supaya tetap bisa menabung. Meski godaan terus-menerus menghampiri, namun Anda harus yakin bisa!

Tips menabung saat tinggal di kota besar

#1 Jangan hanya membeli kenyamanan

Terkadang seseorang akan menghamburkan lebih banyak uang hanya untuk membeli kenyamanan. Misalkan, karena lebih nyaman nunggu makanan datang ke rumah daripada harus usaha sendiri membelinya. Atau membeli mobil dan tempat tinggal yang lebih nyaman meski harganya lebih mahal. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal itu. Namun kalau Anda bisa bertahan hidup dengan sesuatu yang lebih murah dengan fungsi yang sama, kenapa tidak? Jangan hanya terpengaruh orang lain juga. Karena kenyamanan tidak melulu datang dari sesuatu yang kita beli, tapi Anda bisa menciptakan kenyamanan itu sendiri.

#2 Pilih tempat tinggal yang sederhana tapi manis

Saat Anda memilih tempat tinggal di kota besar, pastikan yang paling penting tempat tersebut dekat ke mana-mana. Memberi akses kemudahan untuk menjangkau tempat kerja atau transportasi umum. Meski tempatnya sederhana dan tidak terlalu mewah, namun ke depannya pilihan tersebut akan memudahkan Anda. Berangkat kerja tidak perlu buru-buru, dan tidak stres macet-macetan. Ditambah lagi, tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk berpergian.

#3 Weekend, cari acara gratis

Keuntungan tinggal di kota besar adalah banyaknya kegiatan hiburan yang bisa diakses dengan gratis. Seperti di Jakarta misalnya, saat akhir minggu Anda bisa mengunjungi Kota Tua, Taman Suropati, atau sekadar ikutan car free day. Ketimbang menghabiskan waktu libur dengan selalu pergi ke mal. Kalau suka musik, juga banyak, kok, acara musik yang bisa diakses secara gratis tanpa harus merogoh kocek dalam.

#4 Masak dan bawa bekal sendiri

Pengeluaran paling banyak tentu dihabiskan untuk kebutuhan pangan. Karenanya, bila Anda bisa masak sendiri sebelum berangkat beraktivitas, akan sangat menghemat pengeluaran. Anda bisa punya tabungan banyak bila terus melakukan hal ini. Dengan masak sendiri di rumah, Anda akan terbiasa membawa bekal makan siang ke kantor. Tidak melulu harus jajan di luar. Apalagi kalau belanja bahan makanannya di pasar tradisional, Anda bisa menghemat pengeluaran lebih banyak lagi.

#5 Hanya membeli saat diskon

Tak ada salahnya sesekali jajan atau makan di luar. Tapi usahakan untuk memanfaatkan promo atau jam happy hour di restoran yang akan dikunjungi. Apalagi informasi tentang promo tempat makan sudah bisa ditemukan dengan mudah sekarang. Potongan harga yang Anda dapat bisa disisihkan untuk tabungan. Nggak perlu malu atau gengsi, kan, intinya sama-sama bisa jajan di luar. Tidak hanya soal pangan, sandang juga. Usahakan untuk berbelanja pakaian saat ada promo diskon saja.

#6 BYOC: Bring Your Own Coffee

Daripada tiap hari mengeluarkan uang untuk membeli kopi di coffee shop yang mungkin harganya bisa mencapai Rp 30 ribu/gelas, ada baiknya Anda membuatnya sendiri di rumah. Saat akan berangkat kerja, tinggal dituang ke tumbler favorit. Usahakan membeli tumbler atau tempat kopi yang bisa dicuci juga, bukan yang sekali pakai supaya tidak terjadi pemborosan. Jadi Anda sudah bisa menabung sekitar Rp 900 ribu per bulan hanya dengan membawa kopi dari rumah.

#7 Berhenti langganan TV kabel

Bila saat ini jaringan internet menjadi kebutuhan pokok, kenapa Anda masih harus berlangganan TV kabel? Saat ini informasi sudah bisa ditemukan dengan mudah hanya menggunakan internet. Aplikasi YouTube bisa menggantikan hiburan yang Anda dapat dari TV kabel. Biasanya Anda berlangganan internet karena keharusan. Misal untuk keperluan dan sarana komunikasi, atau bahkan digunakan untuk bekerja dari rumah. Karena itu, cukup internet saja. Anda tidak perlu lagi menambah pengeluaran dengan berlangganan TV kabel. 

Itu dia tadi beberapa tips yang bisa Anda jalankan supaya tetap bisa nabung meski tinggal di kota besar. Anda bisa menabung dengan menyediakan satu rekening khusus yang kemudian kartu ATM-nya disimpan di tempat yang jarang terlihat oleh Anda agar tidak tergoda untuk menggunakannya. Tidak ada kata tidak mungkin bila mau berusaha. Tanamkan pada benak Anda kalau menabung itu penting. Karena tujuannya adalah untuk melindungi hidup Anda juga ke depannya.

Referensi:
Liz Frazier Peck. 2 Januari 2019. 10 Ways To Save Money When Living In The City. Forbes.com: https://bit.ly/2VSrrOg
Lani Dermawan. 22 Mei 2018. Hidup di Kota Besar Tidak Mudah! Saya Melakukan 10 Cara Hidup Ini!. Finansialku.com: https://bit.ly/2QMBssD
Willa Widiana. 11 Oktober 2017. 5 Manfaat Menabung. Bobo Grid: https://bit.ly/2Hb2Q4e

Share this Post