Investing

#JadiLebihBijak Mengelola Keuangan dengan Berinvestasi Sukuk Tabungan seri ST-002

visibility 684

Dalam berinvestasi, apa alasan yang mendasari Anda untuk memilih instrumen tertentu? Beberapa orang menjawab harus aman meskipun tidak begitu menguntungkan. Beberapa orang lagi menjawab dengan mantap, “Nggak apa-apa berisiko, yang penting menguntungkan”. Namun, bagaimana jika ternyata ada instrumen investasi yang aman sekaligus menguntungkan? Ditambah dengan nominal yang terjangkau dan sesuai prinsip syariah. Tentu tak butuh waktu lama bagi Anda dan kita semua untuk memutuskan berinvestasi di situ.

Sekarang, Anda bisa ikut berpartisipasi dalam membangun infrastruktur nasional dengan berinvestasi Sukuk Tabungan seri ST-002 melalui Investree sebagai Mitra Distribusi Penjualan. Sukuk Tabungan adalah salah satu Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sebagai instrumen investasi berbasis syariah yang diterbitkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI), ditujukan bagi investor individu Warga Negara Indonesia (WNI) dan merupakan instrumen syariah Pemerintah pertama yang dijual dengan mekanisme online. Berdasarkan prinsip syariah, investasi Anda melalui Sukuk Tabungan seri ST-002 akan dialokasikan untuk memberdayakan perekonomian syariah serta mendukung pembangunan nasional.

Selain itu, ST-002 mengajak Anda untuk #JadiLebihBijak dalam berinvestasi. Partisipasi Anda di ST-002 merupakan bagian dari proses pengembangan diri (personal growth) di mana Anda sebagai investor dapat menjadi lebih bijak dalam mengelola uang agar memperoleh manfaat bagi hidup Anda, terlebih dengan peran Anda sebagai pekerja yang produktif. Melalui e-SBSn, berinvestasi ST-002 menjadi lebih mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja selama masa penawaran berlangsung, memberikan manfaat dan ketenangan bagi Anda karena berbasis syariah.

Sukuk Tabungan sendiri dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan), dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Penerbitan Sukuk Tabungan menggunakan struktur Akad Wakalah. Dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat Barang Milik Negara untuk disewakan kepada Pemerintah serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada Pemerintah. Imbalan berasal dari keuntungan hasil kegiatan investasi tersebut.

Keuntungannya berinvestasi ST-002 banyak, antara lain tingkat imbalan 8,30% p.a. dengan batas minimal dan mengambang (floating with floor); sesuai prinsip syariah dengan menggunakan Akad Wakalah; aman dan dijamin oleh negara; pemesanan mudah dan fleksibel, 100% melalui sbn.investree.id/st; minimal pemesanan Rp 1 juta, siapa pun bisa berpartisipasi; alternatif investasi baru dengan tingkat risiko yang relatif rendah; berlaku pencairan sebelum jatuh tempo (early redemption) maksimal 50% dari minimal pemesanan Rp 2 juta tanpa biaya pelunasan; imbalan dibayarkan setiap bulan oleh Penerbit; dan tanpa biaya tambahan untuk pembelian maupun pencairan.

Simak tabel berikut ini untuk mengecek kapan Anda bisa melakukan pemesanan ST-002 beserta rincian lainnya:

Masa penawaran

1 – 22 November 2018

Bentuk obligasi

Tanpa warkat, tidak dapat diperdagangkan (non-tradable), tidak dapat dilikuidasi/dicairkan sampai dengan jatuh tempo kecuali pada periode early redemption.

Tenor

2 (dua) tahun

Jatuh tempo

10 November 2020

Imbalan

Berupa sewa yang jumlah pembayarannya bersifat mengambang (disesuaikan setiap 3 (tiga) bulan) dengan imbalan minimal (floating with floor), mengacu pada BI-7 Day Reverse Repo Rate.

Tingkat imbalan

8,30% p.a.

Nilai nominal

Rp 1 juta

Minimal pemesanan

Rp 1 juta dan kelipatan Rp 1 juta.

Maksimal pemesanan

Rp 3 miliar

Periode early redemption

28 Oktober (09.00 WIB) – 5 November 2019 (10.00 WIB)

Setelmen early redemption

11 November 2018

 

Sebelum memutuskan berinvestasi, penting bagi Anda untuk mengetahui risikonya. Ada 2 (dua) jenis risiko potensial yang perlu dipertimbangkan oleh investor dalam berinvestasi pada Sukuk Tabungan seri ST-002 sebagaimana halnya instrumen investasi lainnya yang diterbitkan oleh Pemerintah. Kedua jenis risiko tersebut adalah:

Risiko apabila investor tidak dapat memperoleh pembayaran dana yang dijanjikan oleh Penerbit pada saat produk investasi jatuh tempo baik Imbalan/Kupon dan Nilai Nominal. Sebagai instrumen pasar modal, ST-002 termasuk instrumen yang bebas risiko (risk free instrument) karena pembayaran imbalan dan nilai nominal ST-002 dijamin oleh Pemerintah berdasarkan Undang-Undang SBSN dan Undang-Undang APBN.

Kesulitan dalam menjual ST-002 sebelum jatuh tempo apabila investor memerlukan dana tunai. ST-002 memiliki risiko likuiditas karena tidak dapat diperdagangkan/dialihkan. Tapi ST-002 dapat dicairkan sebelum jatuh tempo dengan memanfaatkan fasilitas early redemption.

Jika tertarik melakukan pemesanan melalui Investree, Anda hanya perlu mengakses laman utama Investree untuk mendaftar sebagai Lender, kemudian beralih ke sbn.investree.id untuk mendaftar sebagai Investor Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) (sama dengan Investor SBN di Savings Bond Ritel seri SBR003 dan SBR004). Syaratnya, Anda harus memiliki Nomor Tunggal Identitas Pemodal atau Single Investor Identification (SID) atau mendaftar melalui Investree, membuka Rekening Surat Berharga di bank kustodian melalui Investree, dan menginformasikan nomor rekening dana/tabungan di bank.

Sst… Investree juga memberikan promo bonus hingga 1% atau sampai dengan Rp 30 juta untuk setiap pembelian melalui http://sbn.investree.id/st, lho. Anda bisa membaca syarat dan ketentuannya di sini.

Tertarik untuk berinvestasi yang aman sekaligus menguntungkan, sekarang adalah waktunya. Apalagi sudah ada cara yang mudah dan 100% online untuk melakukannya serta mendukung pembangunan nasional. Yuk, raih manfaat mudah berinvestasi dengan Sukuk Tabungan seri ST-002!

Share this Post

Pendaftaran Pendana




Sudah punya akun? Login

Pendaftaran Pendanaan Pembiayaan Syariah




Sudah punya akun? Login

Pendaftaran Pinjaman Personal




Sudah punya akun? Login

Pendaftaran Pinjaman Bisnis




Sudah punya akun? Login

Pendaftaran Pembiayaan Usaha Syariah



Sudah punya akun? Login

Pendaftaran Referrer




Sudah punya akun? Login

Pendaftaran Online Seller Financing




Sudah punya akun? Login

Pendaftaran Reseller Financing



Sudah punya akun? Login

Lupa Kata Sandi

Solusi Pinjaman

Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda


Pinjaman personal untuk kebutuhan harian

Pinjam Sampai dengan:
Rp 50.000.000
  • House improvement
  • Education loans
  • Holiday loans
  • Wedding Loans
  • Medical Expenses
  • Perjalanan Umroh
Wujudkan Impianmu

Pinjaman Bisnis sebagai solusi Invoice Financing

Pinjam Sampai dengan:
Rp 2.000.000.000
  • Bunga mulai dari 14%
  • Pendanaan penuh dalam waktu 72 jam
  • Transparan
Wujudkan Impianmu