Investasi

Pentingnya Memelihara Portofolio Investasi Seimbang dengan Bantuan Reksa Dana

visibility 125

Merencanakan keuangan merupakan proses yang berkelanjutan. Layaknya sedang berburu dan membidik sasaran yang bergerak, perencanaan keuangan tidak bisa menjadi kegiatan satu waktu karena tujuan dasarnya adalah untuk memberikan Anda rute paling optimal demi merealisasikan cita-cita finansial Anda yang selalu dinamis. Yang namanya rencana keuangan juga harus praktis, dong, dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu.

Kalau Investree boleh kasih bocoran, rencana keuangan yang sehat sebaiknya disusun dengan memperhatikan fitur-fitur berikut:

  1. Mampu beradaptasi dengan perubahan kondisi ekonomi makro.
  2. Cukup fleksibel untuk mengakomodasi tujuan, aspirasi, dan gaya hidup Anda yang senantiasa berubah.
  3. Harus memastikan tujuan utama serta membangun tujuan aspiratif Anda.
  4. Harus bisa mendukung Anda bahkan saat dinamika penghasilan Anda berubah.

Di samping itu, Anda tentu harus memperhatikan sejumlah faktor yang berpotensi ‘mengguncang’ rencana keuangan yang telah Anda rancang sedemikian rupa. Kehilangan pekerjaan, periode kendur dalam berbisnis, naiknya cicilan bulanan karena adanya perubahan suku bunga, hingga penyakit kritis berkepanjangan dapat mempengaruhi anggaran Anda.

Portofolio investasi yang seimbang, perlukah?

Terlepas dari usia dan kapasitas penghasilan Anda, di masa-masa yang penuh dengan ketidakpastian, seseorang yang cerdas pasti tidak akan menaruh semua telurnya di dalam keranjang yang sama. Klasik, sih, tapi prinsip tersebut wajib dipegang oleh setiap orang. Jadi, tidak salah jika perencanaan keuangan yang baik juga tentang diversifikasi. Semua itu agar portofolio investasi yang Anda miliki seimbang, menghindarkan Anda dari risiko kerugian sekaligus memungkinkan Anda untuk tetap memperoleh manfaat menarik.

Portofolio seimbang yang ideal akan memberikan Anda gabungan yang sehat antara utang dan ekuitas sambil berusaha meraih tujuan finansial Anda. Salah satu kelas aset yang memungkinkan Anda untuk mencapai portofolio investasi yang seimbang adalah reksa dana.

Bagaimana reksa dana membantu Anda mewujudkan portofolio yang seimbang

Yang pertama adalah dengan diversifikasi portofolio. Untuk tipe Reksa Dana Pasar Uang misalnya. Anda bisa mengikutsertakan investasi jangka pendek ke dalam portofolio Anda karena investasi Anda akan ditempatkan di instrumen-instrumen dengan masa jatuh tempo kurang dari 1 (satu) tahun seperti obligasi, surat utang, dan deposito. Risikonya juga sedikit dilihat dari sisi default, berkurangnya Nilai Aktiva Bersih (NAB), ataupun likuiditas, sehingga mampu menjaga Anda dari risiko investasi tunggal. Jika Anda berinvestasi tipe Reksa Dana Campuran, Anda dapat melakukan diversifikasi tanpa harus berinvestasi di kelas aset yang berbeda, di mana Manajer Investasi Anda akan mengubah alokasi dana Anda sewaktu-waktu untuk mengambil keuntungan dari tren pasar yang berubah.

Selain itu juga dengan fitur penyeimbangan portofolio secara otomatis. Jika terjadi gejolak pada pasar, Manajer Investasi Anda akan melakukan penyeimbangan kembali portofolio reksa dana Anda sesuai dengan perubahan pasar. Oleh sebab itu, saat pasar menunjukkan tren positif, Manajemen Investasi Anda mungkin menjual ekuitas Anda untuk mempertahankan level maksimal dan sebaliknya. Yang terakhir dan paling esensial adalah ketenangan pikiran. Reksa dana dapat mengurangi kerepotan mengelola banyak investasi lintas ekuitas dan utang serta dalam memantau kinerja investasinya karena hal itu sudah dialihkan kepada Manajer Investasi yang merupakan tim analis keuangan andal untuk mencapai tujuan skema yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan begitu, pikiran dan batin terasa lebih aman dan nyaman.

Pertimbangan lainnya yang tak kalah penting

Saat merencanakan investasi, Anda harus menjaga diri agar tidak terlalu konservatif; jika tidak, Anda mungkin akan kehilangan peluang besar. Anda juga harus ingat bahwa ekuitas berbanding lurus dengan risiko terkait pasar. Sehingga Anda harus menyeimbangkan portofolio sesuai dengan profil risiko dan tujuan finansial Anda. Agar tidak salah langkah dalam menyeleksi tipe reksa dana yang tepat untuk portofolio Anda, Anda mungkin membutuhkan bantuan perencana keuangan. Juga, pemantauan berkala sangat diperlukan bila Anda ingin mempertahankan portofolio yang seimbang. Kuncinya, terapkan disiplin terhadap diri sendiri serta perbanyak pengetahuan tentang mengelola keuangan dan investasi.

Plus, jangan lewatkan peluang untuk mendapatkan keuntungan lebih!

Sudah pernah coba Reksa Dana for Lender di Investree hasil kerja sama dengan Agen Penjual Efek Reksa Dana tanamduit, belum? Kalau belum, wajib coba. Apalagi untuk mendiversifikasikan sekaligus menyeimbangkan portofolio investasi Anda. Karena sekarang, Investree dan tanamduit sedang menghadirkan promo spesial: diversifikasikan portofolio Anda di Reksa Dana for Lender, dapatkan bonus unit penyertaan hingga Rp 50 ribu dengan pembelian minimal Rp 1 juta!

Caranya simpel banget. Daftar Reksa Dana for Lender dan lakukan pembelian untuk produk reksa dana Trim Kas 2 minimal Rp 1 juta. Dapatkan tambahan investasi senilai Rp 25 ribu. Kemudian, Anda bisa mendapatkan tambahan unit penyertaan sebesar Rp 25 ribu bila tidak melakukan pencairan selama 1 (satu) bulan, terpisah dari unit penyertaan pertama. Syarat dan ketentuannya bisa Anda baca di sini. Berlaku selama periode promo yaitu 15 April – 15 Mei 2019. Yuk, daftar Reksa Dana for Lender sekarang! Klik di sini.

Share this Post