Investasi

Habis Nyoblos, Sudah Investasi Belum? Ini Dia Investasi Menguntungkan di Tahun Politik

visibility 472

Pada tanggal 17 April 2019, seluruh masyarakat Indonesia merayakan pesta demokrasi yang ditandai dengan adanya Pemilu (Pemilihan Umum). Diadakan secara serentak, Pemilu 2019 digelar tidak hanya untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, tapi juga untuk memilih anggota DPR, DPD, dan DPRD. Bagi penduduk yang telah berusia di atas 17 tahun, telah mendapat hak pilih. Dengan memanfaatkan hak pilih tersebut, berarti Anda telah ikut berpartisipasi menentukan nasib Indonesia lima tahun ke depan.

Gemuruh pemilu yang sudah mulai terasa sejak awal tahun 2019, nyatanya juga memberi pengaruh pada kondisi investasi di dalam negeri. Beberapa instrumen investasi disarankan untuk dipilih di tahun politik ini. Sebagian lagi disarankan untuk dijauhi karena dianggap justru kurang stabil memasuki tahun politik. Lalu, apa saja instrumen investasi yang membawa cuan di tahun politik 2019? Yuk, simak pembahasannya berikut!

Investasi emas

Jika Anda terbiasa menabung emas, itu adalah langkah yang bijaksana. Karena instrumen investasi emas terbukti paling tahan terhadap kondisi apapun. Nilainya cukup stabil dari waktu ke waktu sehingga tetap bisa memberi keuntungan. Tak peduli situasi seperti apa yang dihadapinya. Emas juga memiliki tingkat likuiditas yang tinggi. Namun sebaiknya, investasi emas ditujukan untuk tabungan jangka panjang. Bila dalam jangka waktu di bawah satu tahun sudah Anda jual kembali, seringnya Anda justru rugi. Karena kenaikan harga emas yang stabil baru akan terasa dalam jangka panjang. Rata-rata kenaikan harga emas adalah 4% per tahun.

Investasi jangka pendek

Karena Pemilu akan diadakan tahun ini saja (dalam jangka waktu yang singkat), sebaiknya manfaatkan waktu tersebut untuk berinvestasi pada instrumen jangka pendek. Banyak produk yang bisa Anda pilih, contohnya reksa dana dan Surat Berharga Negara (SBN). Bisa dibilang, reksa dana dan SBN tergolong baik dari segi perlindungan sehingga cocok menjadi pilihan investasi tahun ini.

Reksa dana. Produk investasi ini perlu Anda pertimbangkan untuk menjadi salah satu upaya diversifikasi portofolio investasi jangka pendek Anda. Keuntungannya banyak, termasuk aman karena dikelola oleh tenaga ahli yaitu Manajer Investasi, terjangkau - bisa dimulai dari nominal yang sangat rendah, mudah dicarikan, tanpa dipungut biaya, dan potensi pengembaliannya cukup tinggi. Kalau mau tahu lebih lanjut tentang reksa dana, Anda bisa membaca artikel "Reksa Dana: Investasi Aman dan Mudah bagi Generasi Muda" di sini atau "Pentingnya Memelihara Portofolio Investasi Seimbang dengan Bantuan Reksa Dana" di sini. Sangat menarik, lho. Di Investree juga tersedia layanan Reksa Dana for Lender. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Selain reksa dana, ada juga Surat Berharga Negara (SBN). Instrumen investasi ini sangat terjamin keamanannya karena diterbitkan dan dijamin oleh Pemerintah Republik Indonesia. Setiap bulannya, Pemerintah menerbitkan e-SBN yang bisa diakses secara online, bergantian untuk Savings Bond Ritel dan Sukuk Tabungan. Keduanya sama-sama diterbitkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan ditujukan bagi investor individu Warga Negara Indonesia. Belum pernah mencoba sebelumnya? Kalau begitu, di bulan Mei sebentar lagi, Anda disarankan untuk berinvestasi Sukuk Tabungan seri ST004 yang merupakan Surat Berharga Syariah Negara. Berinvestasi ST004 juga turut berkontribusi bagi negeri karena seluruh hasil penjualannya akan digunakan untuk membangun infrastruktur.

Keuntungannya, Anda bisa chip in mulai dari Rp 1 juta sehingga siapa pun bisa berpartisipasi. Tingkat imbalan 7,95% p.a. dengan batas minimal dan mengambang (floating with floor); sesuai prinsip syariah dengan menggunakan Akad Wakalah; aman dan dijamin oleh negara; pemesanan mudah dan fleksibel, 100% online; alternatif investasi baru dengan tingkat risiko yang relatif rendah; berlaku pencairan sebelum jatuh tempo (early redemption) maksimal 50% dari minimal pemesanan Rp 2 juta tanpa biaya pelunasan; imbalan dibayarkan setiap bulan oleh Penerbit; dan tanpa biaya tambahan untuk pembelian maupun pencairan. Stay tuned! Periode penawaran 3-21 Mei 2019.

Investasi uang tunai dalam bentuk dolar

Seperti kita ketahui kalau nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sedang menguat. Dari tahun 2018 lalu, nilai tukar rupiah belum menunjukkan penurunan yang berarti. Bagi Anda yang sudah mempersiapkan investasi dalam bentuk tabungan uang dolar dari tahun 2015 misalkan, tahun ini adalah tahun keberuntungan Anda. Bagaimana tidak, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus konstan berada di atas Rp 14 ribu. Yang mungkin akan tetap bertahan hingga akhir 2019. Investasi dalam bentuk mata uang dolar AS juga bisa menjadi salah satu langkah antisipasi bila terjadi krisis ekonomi yang biasanya muncul setiap 10 tahun sekali.    

Investasi pada karir Anda

Tak peduli pada bagaimana situasi perekonomian di luar sana, sepanjang Anda terus berupaya meningkatkan kemampuan diri demi kemajuan karir Anda. Berinvestasi pada karir dan masa depan adalah pilihan tepat yang bisa Anda kendalikan sendiri. Karir yang baik secara otomatis akan meningkatkan pendapatan Anda yang tentu bisa membawa keuntungan tersendiri.

Anda bisa bertanya kepada diri sendiri, kemajuan apa yang ingin diupayakan untuk membuat Anda lebih berharga bagi atasan ataupun bisnis Anda. Tingkatkan kemampuan dengan belajar sesuatu yang baru atau memperdalam ilmu yang telah Anda miliki. Misal, mencari tahu secara mandiri karena zaman sekarang sumber informasi semakin mudah diakses. Atau Anda bisa mengambil short course, mengikuti berbagai konferensi, atau bahkan mengambil kuliah tingkat lanjut. Berupaya mendapatkan sertifikasi yang sesuai dengan bidang karir Anda juga disarankan. Agar dapat membuat Anda lebih dipercaya dan memudahkan untuk mendapat lebih banyak uang.     

Investasi di pekerjaan sampingan

Jika Anda telah memiliki pekerjaan utama, hal yang pasti bisa menambah penghasilan Anda adalah dengan memiliki pekerjaan sampingan. Dorong diri Anda untuk bisa mendapatkan lebih dari apa yang telah Anda dapatkan sekarang. Jika Anda memiliki hobi tertentu, jangan ragu untuk mengubahnya menjadi pekerjaan sampingan yang bisa menghasilkan uang. Manfaatkan waktu luang Anda dengan berinvestasi pada pekerjaan sampingan untuk mendapatkan keuntungan.

Era digitalisasi memudahkan Anda mengerjakan pekerjaan sampingan, tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda. Kesempatan dan peluang selalu terbuka lebar. Misal, Anda punya hobi menulis atau fotografi, Anda bisa membuat sebuah blog atau media sosial untuk mempromosikan karya Anda dan me-monetize dengan mengumpulkan sejumlah pengikut. Atau Anda bisa menjadi seorang freelancer dengan jam kerja yang fleksibel. Bila Anda hobi membuat suatu produk tertentu, Anda bisa mulai menjualnya melalui e-commerce. Uang yang dihasilkan dari pekerjaan sampingan bisa membantu Anda mencapai tujuan finansial.

Bila Anda sudah yakin ingin berinvestasi apa di tahun politik ini, langsung lakukan! Jangan tunda lagi karena waktu akan terus berjalan. Anda bisa coba memilih salah satu investasi di atas, namun juga tidak ada salahnya bila melakukan diversifikasi ke semua investasi tersebut. Sebaik-baiknya investasi adalah yang dimulai sedini mungkin. Selamat mencoba!

Referensi:
Jeff Rose. 27 Desember 2018. 7 Best Investments To Make In 2019. Forbes: http://bit.ly/2v0Okmx
Linda Sari Hasibuan. 30 Desember 2018. Hadapi Tahun Politik, Inilah Investasi yang akan Cetak Cuan. CNBC Indonesia: http://bit.ly/2Kul8is
Desta Leila Kartika. 30 Januari 2019. Emas, Investasi Paling Menarik di Tahun Politik. Tribunnews Jateng: http://bit.ly/2v2Ygfa

Share this Post