Investasi

Expert Article Prita Ghozie: Mengapa Wanita adalah Masa Depan Investasi

visibility 966

Dalam kehidupan, wanita bisa memiliki banyak peran dari mulai menjadi seorang ibu, pekerja, pengusaha, hingga membawa manfaat bagi banyak masyarakat dan lingkungannya. Bahkan, menurut riset yang dilakukan oleh CFA Institute pada Oktober 2018 lalu, kaum wanita yang berpenghasilan mencapai 63% dari populasi. Namun sayangnya, hanya 34% dari para wanita yang sudah mulai menabung dan berinvestasi. Hal ini salah satunya terjadi karena banyak tantangan dalam kehidupan termasuk rendahnya akses terhadap informasi.

Padahal, wanita memiliki peranan yang sangat besar dalam perencanaan keluarga. Secara umum, 80% wanita juga merupakan manajer keuangan dalam rumah tangga. Bisa dibayangkan, apabila wanita tidak memiliki kemampuan untuk mengelola dan mengambil keputusan dalam berinvestasi, maka kesejahteraan keuangan keluarga di masa depan dapat terancam. Dalam rumah tangga pun, potensi keretakan dalam rumah tangga dapat diredam apabila komunikasi keuangan antara pasangan suami dan istri berjalan dengan baik. Lalu, bagaimana dengan wanita yang belum berkeluarga?

Wanita yang masih belum memiliki tanggungan secara umum lebih berdaya dalam hal pengelolaan keuangannya. Seluruh penghasilan dapat dikelola dengan optimal baik itu untuk kebutuhan masa kini maupun masa depan. Selain itu, bagi wanita yang belum menikah, maka seluruh aset yang berhasil dikumpulkan pramenikah menjadi harta miliknya sepenuhnya.

Dibandingkan dengan pria, wanita ternyata memiliki beberapa keunggulan jika bicara tentang investasi. Pertama, wanita umumnya lebih rajin untuk menyisihkan sebagian dari penghasilannya karena memiliki banyak keinginan di masa depan. Kedua, wanita juga tidak ragu untuk bertanya apabila membutuhkan berbagai informasi terkait keputusan untuk berinvestasi. Terakhir, wanita pada umumnya memiliki kemampuan multitasking sehingga dapat melakukan pengelolaan keuangan secara komprehensif dalam satu waktu.

Investasi yang menarik untuk para wanita umumnya berkarakteristik sebagai berikut. Pertama, produk investasi yang memberikan kepastian hasil lebih disukai oleh para wanita. Secara umum, wanita memiliki profil risiko yang lebih konservatif daripada pria karena merasa belum memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam hal berinvestasi. Kedua, produk investasi yang mudah diakses juga lebih disukai, karena wanita memiliki banyak peran, sehingga harus bisa efisien dalam kegiatan sehari-hari. Ketiga, akses informasi untuk melakukan proses pemantauan dan evaluasi atas kinerja aset investasi juga sangat berpengaruh. Dengan revolusi digital, investasi yang dapat diakses dengan bantuan teknologi lebih disukai daripada yang masih bersifat konvensional.

Salah satu alternatif investasi yang menarik bagi wanita adalah fintech lending atau sering dikenal dengan istilah peer-to-peer (P2P) investment. Produk ini sangat layak dicoba karena dapat mengembangkan aset kekayaan rumah tangga dengan hasil yang kompetitif, bahkan lebih menarik daripada produk perbankan. Selain itu, kemudahan akses dengan platform teknologi pun membuat produk P2P investment dapat diakses oleh seluruh wanita di lokasi mana pun, sepanjang ada akses internet. Namun, hati-hati, karena tidak semua produk P2P investment telah mendapatkan izin dan lisensi dari regulator. Salah satu platform yang sudah terbukti dan terpercaya adalah Investree.

Saat ini, Investree menawarkan banyak opsi pendanaan yang memberikan imbal hasil menarik bagi para Lender atau Pemberi Pinjaman. Khusus untuk para wanita, bulan ini ada promo "SUPERWOMAN" yang sangat menarik dan pantang untuk dilewatkan.

Ditujukan bagi wanita-wanita aktif Indonesia, Investree mengadakan promo spesial yaitu cash back maksimal Rp 4,4 juta (0,22%) dan voucher belanja senilai Rp 50 ribu. Para wanita super cukup mendaftar sebagai Lender, melengkapi seluruh persyaratan pendaftaran, dan memasukkan kode “SUPERWOMAN” pada kolom referensi. Untuk lebih jelasnya, informasi dapat diakses di sini. Dengan melakukan pendanaan minimal Rp 5 juta, wanita super akan mendapatkan beragam keuntungan tersebut. Promo berlaku selama 4 November - 31 Desember 2019.

Jadi tunggu apa lagi, yuk, segera menjadi bagian dari wanita yang jago investasi dengan memanfaatkan program "SUPERWOMAN". Live a beautiful life!

Share this Post