Investasi

Cara Memulai Investasi Hanya dengan Rp 1 Juta

visibility 848

Di antara beberapa pilar utama kesehatan finansial yaitu mendapatkan (earn), menabung (save), membelanjakan (spend), menginvestasikan (invest), dan melindungi (protect) uang, investasi seringkali menjadi momok yang menakutkan dan tidak dikenal, bersembunyi di bawah kolong tempat tidur Anda. Kegiatan seperti berhemat, menyusun rencana pengeluaran, dan membeli asuransi mungkin terdengar lebih familiar serta membawa rasa aman dan nyaman bagi Anda. Tapi berinvestasi? Rasanya seperti sedang menatap pusaran ambiguitas.

Sebagai permulaan, Anda akan diiming-imingi tingkat pengembalian atau return yang lumayan jika giat berinvestasi sejak dini. Namun itu semua bukan berarti tanpa teori high risk, high return serta volatilitas yang kompleks, juga risiko investasi yang pasti melekat. Ditambah gagasan bahwa Anda harus punya at least dana nganggur yang bisa diputar untuk investasi. Berarti Anda sudah mesti siap dengan tabungan khusus.

Padahal, jika memikirkan jangka panjang, investasi punya efek luar biasa terutama bagi kesejahteraan finansial seseorang, terlepas dari kegilaan apapun yang terjadi dengan kondisi pasar. Dengan berinvestasi, uang Anda akan tumbuh dan pada akhirnya mampu menghasilkan kekayaan untuk masa depan. Analoginya seperti Anda sedang merencanakan sebuah acara besar, misalkan konser musik. Begitu banyak persiapan yang harus Anda lakukan dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Dengan perencanaan yang baik, Anda dapat “menyicil” kebutuhan yang diperlukan sedini mungkin agar konser itu berjalan dengan lancar. Jadi singkatnya, dengan berinvestasi, Anda dapat mulai mempersiapkan kebutuhan di masa depan dengan memanfaatkan dana yang Anda miliki saat ini.

Jangan biarkan alasan seperti “saya tidak punya uang yang cukup” menghambat Anda untuk mulai investasi. Sekarang bisa, kok, berinvestasi terjangkau mulai dari Rp 1 juta. Bagaimana caranya? Simak artikel berikut ini!

Investasi melalui marketplace lending

Mengikuti gaya hidup masyarakat saat ini, segala sesuatunya wajib simpel dan ringkas. Kalau bisa diselesaikan pakai gadget, pakai gadget, deh… Hal itulah yang diterapkan oleh para pelaku marketplace lending, di mana aktivitas pinjam meminjam dilakukan dengan menggunakan website atau aplikasi mobile. Melalui marketplace lending, Anda dapat berinvestasi dengan meminjamkan dana Anda kepada peminjam untuk keperluan produktif. Nantinya, Anda akan menerima pengembalian berupa pokok pinjaman dan bunga yang disebut return. Minimal jumlah investasinya kebanyakan rendah. Di Investree contohnya, Anda bisa mulai berinvestasi dari Rp 1 juta berlaku untuk semua jenis pinjaman. Prosesnya 100% online. Selain itu, sebagai investor, Anda juga belajar menentukan profil risiko dengan memilih sendiri pinjaman mana yang ingin Anda danai atau investasi di dalamnya.

Pertimbangkan reksa dana

Buat yang belum begitu mengerti, reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor), khususnya pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko investasi mereka. Dana yang telah terkumpul kemudian akan diinvestasikan oleh Manajer Investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, dan deposito. Lagi-lagi Investree punya produk ini, yaitu Reksa Dana for Lender. Investor yang harus sudah terdaftar sebagai Lender di Investree dapat berinvestasi dengan nilai sangat terjangkau: mulai dari Rp 100 ribu saja! Jenisnya juga Reksa Dana Pasar Uang, di mana investasi Anda akan ditempatkan pada instrumen Pasar Uang dengan jangka waktu kurang dari 1 (satu) tahun. Nggak perlu tunggu lama-lama, deh, untuk mencairkan.

Berkontribusi lebih dengan Surat Berharga Negara

Kalau Anda ingin berinvestasi terjangkau tapi sangat memikirkan aspek keamanan sehingga bebas dari rasa khawatir, Anda wajib mencoba Surat Berharga Negara yang kini sudah bisa diakses secara online, aman dijamin oleh Pemerintah Republik Indonesia. Investree sendiri telah menjadi salah satu Mitra Distribusi yang memasarkan Savings Bond Ritel dan Sukuk Tabungan. Savings Bond Ritel (SBR) bentuknya Obligasi Negara (konvensional), sedangkan Sukuk Tabungan (ST) adalah salah satu Surat Berharga Syariah Negara (syariah). Keduanya sama-sama diterbitkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan ditujukan bagi investor individu Warga Negara Indonesia.

Yang akan hadir dalam waktu dekat ini adalah Sukuk Tabungan seri ST-003. Pastikan Anda tidak melewatkannya karena ada banyak keunggulan berinvestasi ST-003. Terpenting adalah minimal pemesanan Rp 1 juta sehingga siapa pun bisa berpartisipasi. Selain itu tingkat imbalan 8,15% p.a. dengan batas minimal dan mengambang (floating with floor); sesuai prinsip syariah dengan menggunakan Akad Wakalah; aman dan dijamin oleh negara; pemesanan mudah dan fleksibel, 100% online; alternatif investasi baru dengan tingkat risiko yang relatif rendah; berlaku pencairan sebelum jatuh tempo (early redemption) maksimal 50% dari minimal pemesanan Rp 2 juta tanpa biaya pelunasan; imbalan dibayarkan setiap bulan oleh Penerbit; dan tanpa biaya tambahan untuk pembelian maupun pencairan. Cek tabel rinciannya:

Masa penawaran

1 Februari 2019 pukul 09.00 WIB – 20 Februari 2019 pukul 10.00 WIB

Bentuk obligasi

Tanpa warkat, tidak dapat diperdagangkan (non-tradable), tidak dapat dilikuidasi/dicairkan sampai dengan jatuh tempo kecuali pada periode early redemption.

Tenor

2 (dua) tahun

Jatuh tempo

10 Februari 2021

Imbalan

Berupa sewa yang jumlah pembayarannya bersifat mengambang (disesuaikan setiap 3 (tiga) bulan) dengan imbalan minimal (floating with floor), mengacu pada BI-7 Day Reverse Repo Rate.

Tingkat imbalan

8,15% p.a.

Nilai nominal

Rp 1 juta

Minimal pemesanan

Rp 1 juta dan kelipatan Rp 1 juta.

Maksimal pemesanan

Rp 3 miliar

Periode early redemption

27 Januari 2020 pukul 09.00 WIB – 4 Februari 2020 pukul 14.00 WIB

Setelmen early redemption

10 Februari 2020

Di Investree juga bisa beli Sukuk Tabungan seri ST-003, lho. Dapat bonus hingga 1% atau maksimal Rp 30 juta juga. Syarat dan ketentuan berlaku. Klik di sini untuk mencari tahu lebih lanjut.

Mudah, kan, kalau mau berinvestasi dengan modal terjangkau? Selamat mencoba!

Share this Post