How-to

Kiat-Kiat Menghadapi Tekanan Keuangan

visibility 185

Ada pendapat bahwa uang tidak bisa membeli kebahagiaan, namun hidup tetap membutuhkan uang, kan? Menanggapi pernyataan tersebut memang muncul banyak perdebatan. Mari kita luruskan!

Untuk tetap hidup kita memang membutuhkan uang, namun tidak hanya uang yang bisa membuat kita bahagia. Apakah semua orang kaya hidupnya pasti bahagia? Pasti tetap ada saja masalah yang mereka dihadapi dalam kehidupannya. Setiap manusia berhak untuk bahagia dan kebahagiaan tidak datang sendiri, namun harus diupayakan. Bila Anda sedang menghadapi masalah keuangan yang membuat Anda stres dan tidak bahagia, segera cari jalan keluarnya. Jangan terus lari mencari pengalihan apalagi ke hal-hal yang negatif. Karena hanya akan memperburuk keadaan.

Coba simak ulasan dari Investree berikut ini agar Anda bisa segera keluar dari masalah keuangan. Semoga stres dapat segera hilang dan Anda kembali bahagia.

Cari tahu penyebab masalah

Tekanan keuangan pasti bersumber dari suatu masalah. Karena itu, penting untuk mengidentifikasi penyebab masalah keuangan Anda. Penyebabnya mungkin belum tentu jelas atau bahkan tidak Anda sadari. Coba pusatkan perhatian Anda pada masalah yang tersembunyi. Ingat kembali apa yang telah Anda lakukan. Bila sudah menemukannya, segera cari jalan keluar. Serta pastikan bahwa Anda tidak akan mengulang kesalahan tersebut.

Fokus pada satu per satu masalah

Bila penyebabnya terlanjur ada banyak, coba untuk mulai menyelesaikannya satu per satu. Tetapkan batas waktu penyelesaian untuk masing-masing masalah yang ditemukan. Bila Anda membagi fokus pada banyak masalah sekaligus, pekerjaan jadi lebih berat. Karenanya, Anda harus menentukan mana masalah yang harus diselesaikan lebih dulu. Selesaikanlah tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan agar Anda bisa beralih ke masalah yang lain. Kalau tidak, keseluruhan rencana akan buyar. Masalah keuangan Anda pun menjadi semakin mustahil untuk diselesaikan.

Jangan berusaha menyamakan diri dengan orang lain

Kekayaan seseorang tidak menentukan harga dirinya. Jangan sampai Anda tidak menjadi diri sendiri saat berada di lingkungan sosial. Selalu berusaha ingin memiliki tampilan 'lebih' agar diperhatikan oleh orang-orang di sekitar Anda. Akibatnya, Anda rela mengeluarkan uang berapa pun untuk bisa terlihat sempurna. Bahkan rela membeli atau melakukan sesuatu di luar batas kemampuan finansial Anda. Kebiasaan seperti ini harus dihindari sebab hanya akan mendatangkan masalah bagi keuangan Anda. Ujung-ujungnya buat stres dan Anda menyesal belakangan. Ingat, kehidupan ini milik Anda sendiri, kok. Jangan sampai membiarkan orang lain mengaturnya.

Kenali kondisi keuangan Anda

Jangan pernah coba menutup mata. Ketahui dengan pasti bagaimana kondisi keuangan Anda. Tujuannya adalah untuk mencari tahu posisi Anda secara finansial. Ketika telah mengetahui standar keuangan Anda, akan lebih mudah untuk membuat rencana pengeluaran per bulan. Buatlah anggaran pengeluaran untuk setiap pos kebutuhan bulanan agar keuangan Anda tetap terkontrol. Jangab lupa juga untuk tetap realistis, ya. Jangan terlalu memaksakan kehendak. Serta pastikan kalau Anda selalu mematuhi anggaran yang telah dibuat.

Disiplin terhadap keuangan

Kegagalan finansial sering terjadi karena Anda terlalu fokus untuk terus menambah pemasukan tanpa memedulikan berapa besar pengeluaran. Tidak pernah mau menghitung pengeluaran, sehingga tahu-tahu uang Anda selalu habis dan tidak pernah cukup membiayai hidup selama satu bulan. Tahukah Anda? Bila Anda hanya berupaya untuk terus mencari uang tambahan tanpa mencoba mengubah perilaku konsumsi Anda, masalah keuangan juga tidak akan bisa selesai. Karena semakin tinggi pemasukan, semakin besar pula pengeluaran yang dilakukan bila Anda tidak bisa mengontrol diri. Kendalikan diri dengan tetap disiplin mengatur keuangan. Tidak ketinggalan untuk memiliki catatan pengeluaran agar Anda bisa mengukur kedisiplinan diri.

Hindari kartu kredit berbunga tinggi

Jika memang kebutuhan memiliki kartu kredit sifatnya urgent, Anda harus pintar-pintar memilih, seperti melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan. Anda bisa bertanya kepada rekan yang telah lebih dulu memiliki kartu kredit, mana yang sekiranya tidak memberatkan. Kartu kredit yang membebankan bunga tinggi akan mengancam kondisi keuangan Anda. Karena itu, sebisa mungkin hindarilah. Lebih baik lagi bila Anda tidak memiliki kartu kredit, ketika tidak ada kondisi yang mengharuskan Anda memilikinya. Karena hanya akan menambah beban utang bulanan Anda.    

Jangan abaikan tabungan dana darurat

Dana darurat sangat membantu ketika Anda sedang menghadapi krisis keuangan. Jadi bayangkan bila Anda sama sekali tidak memiliki tabungan dana darurat, tekanan akan semakin masif. Karena itu, sebelum semuanya terlambat, mulai segera menyisihkan gaji setiap bulan untuk dana darurat. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi nanti, yang bisa kita lakukan hanyalah bersiap diri. Sebagai bentuk antisipasi agar Anda tetap selamat.

Penyesalan memang selalu datang terlambat. Namun, buat apa Anda menghabiskan waktu untuk menyesali yang sudah terjadi. Lebih baik move on dan segera bangkit perbaiki keadaan. Kalau tidak diusahakan, masalah akan tetap menjadi masalah. So, bangkit dan tetap semangat jalani hari-hari ke depan. Tidak lupa juga untuk selalu berdoa agar masalah Anda cepat selesai. Karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Semoga sukses!

Referensi:
One Big Happy Life. 9 November 2018. How to Handle Financial Stress. Intuit Turbo Blog: https://intuit.me/2LaBueC
Fransiska Ardela. 7 September 2018. Inilah Solusi Masalah Keuangan yang Mudah Anda Lakukan. Finansialku.com: http://bit.ly/2ZF4XBp

Share this Post