How-to

5 Cara Menambah Penghasilan di Tahun Babi Tanah

visibility 193

Di perayaan Tahun Baru Imlek 2019, kita akan menyambut kedatangan Tahun Babi Tanah yang identik dengan elemen tanah. Sifat tanah yang stabil, cenderung cari aman, dan sabar juga akan mencerminkan sisi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dilansir dari situs Kontan.co.id, konsultan keuangan Yulius Fang meramalkan kondisi ekonomi Indonesia di Tahun Babi Tanah akan lebih stagnan dengan pertumbuhan yang lambat dan santai. Prospek bisnis akan mengalami perlambatan dengan pilihan untuk lebih bermain aman. Namun, hal ini tidak menjadi soal buat Anda yang ingin mendapat penghasilan tambahan tahun ini. Masih ada banyak cara yang bisa Anda lakukan supaya mendapat penghasilan tambahan. Investree punya beberapa saran yang bisa Anda ikuti. Ingin tau apa saja caranya? Simak ulasan berikut ini!

Coba jelajahi hal baru yang bermanfaat

Apa Anda sudah merasa puas dengan kemampuan yang dimiliki saat ini? Apa sudah tidak ada keinginan untuk belajar hal baru Jangan sampai Anda menjadi pribadi yang cepat puas sehingga malas untuk belajar hal baru yang bermanfaat. Karena industri atau perusahaan mana pun tempat Anda bekerja, pasti selalu menginginkan karyawannya untuk improve. Termasuk soal kemampuan lain yang juga mungkin bisa Anda tunjukkan. Anda bisa mempelajarinya melalui kelas singkat atau bahkan belajar secara otodidak. Asal punya kemauan untuk terus meningkatkan kemampuan diri. Apabila setiap tahun Anda bisa menunjukkan produktivitas dan kemampuan yang lebih baik lagi di tempat kerja, bukan tidak mungkin Anda akan mendapat gaji tambahan. Atau paling tidak Anda memiliki bekal untuk berani meminta kenaikan gaji di tahun yang baru. Toh, gaji yang bertambah akan memberi penghasilan tambahan setiap bulannya. Peluang selalu ada bila Anda mau mencarinya. Yang terpenting jangan menutup diri dari setiap peluang yang mungkin bisa Anda dapatkan.

Banyak pekerjaan sampingan yang bisa dicoba

Sebuah studi dilakukan oleh Bankrate di Amerika Serikat, dari 10 penduduk yang memiliki pekerjaan tetap, 4 diantaranya memiliki pekerjaan sampingan. Dengan kondisi seperti sekarang ini, di mana pintu untuk mengakses dunia luar sangat terbuka lebar, memudahkan Anda untuk mendapat pekerjaan sampingan. Misal, Anda punya hobi dan kemampuan untuk desain grafis, menulis, atau fotografi. Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi freelancer dan influencer. Banyak aplikasi atau situs website yang bisa membantu Anda mendapatkan pekerjaan sampingan. Atau Anda bisa coba membuat sendiri blog atau kanal YouTube. Bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan tambahan uang dari iklan (sponsor berbayar). Pekerjaan sampingan lain yang bisa Anda coba adalah menjadi penerjemah. Anda bisa menawarkan jasa untuk menerjemahkan skrip naskah film, novel, video pendek, dan lain-lain.

Jangan malu untuk berburu cash back

Jika Anda punya hobi belanja dan ingin mendapatkan uang lebih di Tahun Babi Tanah, jangan malu untuk mencari promo belanja. Promo tidak hanya berupa potongan harga (diskon), namun ada juga promo dalam bentuk cash back. Sudah banyak aplikasi penyedia informasi seputar merchant yang memberikan promo berupa cash back. Bahkan tidak hanya memberi informasi, aplikasi juga akan membantu Anda mendapatkan cash back sesaat setelah Anda melakukan pembelian.

Cash back ini tidak melulu dalam belanja, lho. Bisa juga dalam investasi. Dengan mengikuti Promo Tahun Baru Imlek Investree “Semua Bisa Cuan”, Anda berkesempatan mendapatkan cash back hingga maksimal Rp 8 juta bagi lender pendaftar baru yang memberikan pendanaan. Sudah dapat untung dari mendanai di Investree dengan return 12% - 20% p.a., dapat cash back lagi. Ini jelas merupakan opsi terbaik untuk menambah keuntungan di Tahun Babi Tanah. Ada 2 (dua) tipe lender yang bisa berpartisipasi yaitu lender ritel/perseorangan dan lender institusional. Tinggal daftar saja di www.investree.id. Periode 1 Februari - 31 Maret 2019. Selengkapnya, baca syarat dan ketentuan di bawah ini.

Tempat tinggal bisa disewakan

Buat Anda yang punya rumah atau apartemen dengan kamar lebih dan kebetulan tidak terpakai, coba pikirkan untuk menyewakannya. Tidak ada salahnya menawarkan ke teman di kampus atau rekan kerja di kantor. Lagi-lagi uang sewanya bisa jadi penghasilan tambahan. Atau Anda bisa menyewakannya per hari saat weekend atau saat kebetulan Anda pergi ke luar kota. Bila Anda menyewakannya Rp 500 ribu saja per malam untuk waktu weekend selama dua malam, dalam seminggu Anda sudah mendapatkan tambahan penghasilan sebesar Rp 1 juta. Bila rutin dilakukan setiap minggu dalam waktu sebulan, tambahan uang Rp 4 juta bisa mungkin Anda dapatkan.

Promosi berbayar di kendaraan pribadi     

Kalau Anda lihat sekarang ini, sudah banyak iklan produk-produk yang dipasang di badan mobil. Kebanyakan diletakkan di kaca belakang atau bisa juga di seluruh badan kendaraan pribadi. Tujuannya untuk memudahkan orang lain melihat iklan tersebut. Tapi itu semua tidak gratis. Branding produk pada kendaraan pribadi dinilai sebagai media promosi yang potensial melihat kendaraan pribadi memang sering dibawa kemana-mana. Sehingga menjadi peluang bagi pemilik brand untuk bisa mempromosikan brand mereka secara outdoor, namun dengan biaya yang lebih murah. Pemilik brand akan membayarkan sejumlah uang kepada pemilik mobil atau motor sebagai ganti jasa mereka menyediakan media promosi. Dengan pemasangan iklan di kaca belakang mobil saja, Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan range Rp 1 juta - 1,5 juta per bulan. Lumayan banget, kan, buat tambahan penghasilan bulanan Anda?

Banyak hal yang sebenarnya bisa Anda coba upayakan agar mendapat penghasilan tambahan tanpa harus mengganggu pekerjaan utama Anda yang memberi penghasilan pasti setiap bulannya, asal ada kemauan untuk mencari peluang tersebut. Anda juga tidak perlu gengsi untuk mencari penghasilan tambahan. Yang penting halal, tidak merugikan orang lain, dan mencarinya dengan cara yang benar. Uang tersebut bisa buat nambah-nambah tabungan Anda. Baik lagi kalau segera dialihkan ke produk investasi seperti mendanai melalui Investree di atas, Anda bisa untung banyak. Siapa yang nggak mau?

Semoga Tahun Babi Tanah menjadi tahun keberuntungan bagi Anda!

Referensi:
Ashley Chorpenning. 24 Desember 2018. Simple Rules for Increasing Your Income in 2019. Quicken Loans (Blog): https://bit.ly/2MNITzn
Admin. 17 September 2018. 23 Ways to Make Extra Money in 2019. The Frugal Prof: https://bit.ly/2rHu4ot
Bunga. 4 Januari 2019. Ampuh! Ini 9 Cara Mendapatkan Uang Tambahan di Tahun 2019. GoBear (Blog): https://bit.ly/2t5w7Dy

Share this Post